Mohon tunggu...
Andrew Prasatya
Andrew Prasatya Mohon Tunggu... Senior Content Marketer -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

11 Tips Media Relations untuk Startup dari Media-Media Top Indonesia

31 Mei 2017   13:03 Diperbarui: 31 Mei 2017   13:13 512
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Indonesia menjadi negara yang memiliki pertumbuhan startup berbasis teknologi tertinggi di Asia Tenggara. Dibandingkan dengan negara lainnya, Indonesia tercatat memiliki jumlah sekitar dua ribu startup pada tahun 2016 silam. Pertumbuhan startup ini juga diprediksi akan terus meningkat sampai dengan 6,5 kali lipat pada tahun 2020.

Berbicara soal publikasi media, setiap perusahaan termasuk startup memerlukan sebuah jurus yang biasa disebut media relations, yaitu salah satu aktivitas menjalin hubungan baik dengan media untuk mendapat publikasi positif yang berdampak pada reputasi perusahaan. Sayangnya masih banyak startup yang belum tahu bagaimana caranya untuk menjalin hubungan yang “benar” dengan media, bahkan masih banyak startup Indonesia yang belum memahami pentingnya fungsi media relations sebagai salah satu sarana untuk mengenalkan produknya ke masyarakat.

Lalu, bagaimana cara membangun relasi dengan media yang tepat? Di artikel ini iPrice melampirkan video hasil kolaborasi dengan 11 top media di Indonesia untuk mengetahui tips media relations yang benar dari sudut pandang mereka. Kesebelas media tersebut adalah Dailysocial, Pikiran Rakyat, Sindonews, Kompas, BBC Indonesia, Jalan Tikus, Tech in Asia Indonesia, Jakarta Post, Merdeka, Metrotvnews, dan CNN Indonesia. Berikut ringkasan tips media relations yang bisa Kita pelajari untuk perusahaan startup:

1. News Value Itu Penting Banget! - Kompas.com

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, masih banyak perusahaan startup yang masih belum paham bagaimana cara menarik perhatian media. Poin penting yang harus dipahami adalah seberapa besar news value dari konten yang Kita berikan kepada media. Kompas.com membocorkan bahwa terdapat empat kriteria konten yang memiliki news value menurut mereka, yaitu menginspirasi, relevan untuk pembaca, membanggakan, dan aktual.

Tips lainnya adalah berikan first impression yang baik pada setiap email yang Kita kirim kepada media. Seperti subject email yang menarik dan dua paragraf pertama dalam konten yang menggugah media untuk mempublikasikannya kepada masyarakat.

2. Kenali Background Jurnalis Secara Personal -JalanTikus.com


Media relationsmerupakan sebuah seni bagaimana menjalin hubungan dengan orang lain. Tentunya kedekatan hubungan secara personal dengan jurnalis dapat memudahkan Kita untuk menyampaikan konten-konten yang berhubungan dengan startup Kita, lho. Pada dasarnya setiap media sangat terbuka dan mau membantu mempublikasikan startup baru, terutama startup lokal, ASAL produk yang Kita berikan berupa produk yang sudah final, matang, dan siap dipakai.

Tips mencuri perhatian jurnalis: jalinlah hubungan personal dengan mengetahui background dan spesialisasi jurnalis tersebut. Misal memberikan konten teknologi kepada jurnalis yang khusus menulis berita teknologi. Dengan hal tersebut akan memberikan Kita kesempatan lebih besar untuk mempublikasikan konten Kita.

3. Media Relations adalah Investasi - Dailysocial.id

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun