Mohon tunggu...
Andre VincentWenas
Andre VincentWenas Mohon Tunggu... Politisi - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis PERSPEKTIF (LKSP), Jakarta

Merilis kajian di bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya.

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop

Perubahan (No.1) vs Keberlanjutan (No.2) vs Berubah-ubah yang Berkelanjutan? (No.3)

16 Desember 2023   12:45 Diperbarui: 16 Desember 2023   12:50 1078
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto: YouTube.com/@KompasTV

Perubahan (No.1) vs Keberlanjutan (No.2) vs Berubah-ubah yang Berkelanjutan? (No.3)

Oleh: Andre Vincent Wenas

Dalam ilmu marketing ada yang dikenal dengan konsep positioning. Positioning ini akan mewarnai differentiation di kancah pertarungan antar brand (merek) nantinya.

Begitu pula dalam politik, apa positioning-nya yang akan menentukan diferensiasi, sesuatu yang bisa membedakan dirinya dibandingkan dengan rivalnya. Sehingga publik gampang mencernanya.

Secara sederhana pemasaran bisa disorot dalam 3 dimensi: strategi pemasaran, taktik pemasaran dan nilai (value) pemasaran. Dan masing-masing dimensi itu bisa dipilah lagi menjadi 3 area.

Di dimensi strategi pemasaran, ada area segmentasi, targeting dan positioning. Di dimensi taktik pemasaran ada area diferensiasi, bauran pemasaran (marketing mix) dan area penjualan (selling). Pada dimensi nilai (value) pemasaran ada area manajemen merek (brand), area pelayanan (service) dan area manajemen proses.

Kerangka berpikir pemasaran yang sederhada ini bisa membantu kita dalam melihat peta rivalitas yang ada sekarang. Ingat, bahwa masyarakat luas yang sedang menonton tiga kontestan sedang menyimak apa-apa yang terjadi.

Tidak bisa terlalu rumit, tapi "pesan" yang dikirim mesti sederhana sehingga mudah dicerna publik sebagai pembeda satu sama lainnya.

Dalam konteks politik sekarang, paslon nomor satu Anies-Muhaimin jelas memposisikan eksistensi mereka sebagai pembawa perubahan. Sedangkan paslon nomor dua, Prabowo-Gibran akan memastikan keberlanjutan strategi pembangunan ala Presiden Jokowi. Keduanya jelas. Keberlanjutan versus Perubahan.

Sedangkan paslon nomor tiga, Ganjar-Mahfud nampak terjebak di antara mereka berdua. Apakah akan melanjutkan? Tapi bersuara gaya oposisi, apa-apa kerja Jokowi dikritik. Apa bedanya dengan paslon No.1?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun