Mohon tunggu...
Andresz Matarru
Andresz Matarru Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar SMA

Seorang murid SMA

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Alasan Sulitnya Pelajaran dalam Jurusan MIPA

14 Mei 2023   22:56 Diperbarui: 15 Mei 2023   13:21 245
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa pelajaran dalam jurusan MIPA merupakan salah satu dari beberapa mata pelajaran yang sulit. Yang saya maksud di sini ialah Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Mata pelajaran yang saya sebutkan di atas kerap kali dihindari oleh para peserta didik karena kesulitannya tersebut. Banyaknya hitungan dan hafalan yang harus diingat memang membuatnya menjadi pelajaran yang sulit.

Lantas, mengapa pelajaran tersebut kurang disukai? Berikut opini saya terkait mengenai pelajaran jurusan MIPA yang telah saya rangkum. Di sini, saya hanya akan menuliskannya secara garis besarnya saja. Pernyataan saya berikut ini bersifat subjektif dan bisa saja berbeda untuk setiap orang.

Baiklah tanpa berlama-lama lagi mari kita mulai. Berikut beberapa faktor menurut saya yang membuat pelajaran dalam jurusan MIPA kurang disukai:

1.Banyaknya hafalan dan rumus

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa hampir semua pelajaran dalam jurusan MIPA banyak yang mengandalkan hafalan. Banyaknya rumus yang harus diingat juga membuatnya makin kurang diminati.

2. Pendirian dan kemauan peserta didik itu sendiri

Berikutnya adalah pendirian dan kemauan dari peserta didik itu sendiri. Apabila peserta didik tersebut dalam pendiriannya sudah tidak menyukai pelajaran jurusan MIPA tersebut, maka akan susah baginya untuk menyerap pelajaran tersebut.

3. Guru yang mengajar

Faktor terakhir yang cukup berpengaruh menurut saya ialah guru yang mengajar. Entah dari caranya mengajar atau bahkan caranya menyampaikan materi juga berpengaruh. Apabila cara dari penyampaiannya sudah salah, akan sudah bagi peserta didik untuk menyerap apa yang disampaikan oleh guru tersebut.

Di atas adalah rangkuman saya terkait mengapa pelajaran jurusan MIPA kurang disukai dan menjadikannya pelajaran yang sulit bagi kebanyakan siswa. Sekali lagi saya ingatkan bahwa pernyataan di atas bersifat subjektif dan murni opini saya. Pentingnya untuk mengetahui kelebihan kita dalam pelajaran tertentu dapat membantu kita menentukan apa yang kita inginkan di masa depan. Itu saja untuk tulisan saya kali ini. Terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun