Mohon tunggu...
ANDRE SUNARTA
ANDRE SUNARTA Mohon Tunggu... -

SEORANG PENJAGA PANTAI, DI PULAU KECIL YANG INDAH

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Anak Kost Pengen Nyapres

14 April 2013   13:13 Diperbarui: 24 Juni 2015   15:12 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Gantungkan cita-citamu setinggi bintang-bintang di langit, dan belajarlah sedalam lautan. Kalimat pertama dari Bung Karno yang tahu betul apa itu anak kost, referensinya nggak ada sih, yang pasti beliau pasti tahu karena semua orang tahu. Aku anak kost pengen jadi Calon Presiden, ini mimpi aku dalam keadaan tidak tidur, Kata" Mario teguh" jangan remehkan orang yang memiliki mimpi dalam keadaan tidak tidur, karena mereka adalah orang-orang yang mampu merubah dunia" kalo salah kutif maklum Mas Mario, kan yang penting dah gue ambil hikmahnya, jadi siapapun jangan meremehkan anak kost.

Dalam wikipedia indonesia  dijelaskan bahwa Kata "kost" sebenarnya adalah turunan dari frasa bahasa Belanda "In de kost". Definisi "In de kost" sebenarnya adalah "makan di dalam" namun bila frasa tersebut dijabarkan lebih lanjut dapat pula berarti "tinggal dan ikut makan" di dalam rumah tempat menumpang tinggal. Aku lebih tertarik dengan " makan di dalam" kan kalo mau Nyapres yach berarti siap-siap makan di dalam. Jangan bilang siapa-siapa di situ juga disebutkan bahwa Pada zaman kolonial / penjajahan Belanda di Indonesia, "in de kost" adalah sebuah gaya hidup yang cukup populer di kalangan menengah ke atas untuk kaum pribumi, terutama sebagian kalangan yang mengagung-agungkan budaya barat / Eropa khususnya adat Belanda, dengan trend ini mereka berharap banyak agar anaknya dapat bersikap dan berprilaku layaknya bangsa Belanda atau Eropa yang dirasa lebih terhormat saat itu. Jadi anak kost pada masanya keren Bro, " Mandiri" judulnya kan syarat jadi pemimpin yach harus mandiri. Karena ingat " ini baru halaman pertama, masih banyak halaman berikutnya yang  akan kita  buka dan baca bersama".

Kamu beneran mau Nyapres? tanya Andi seorang teman yang cukup pintar menurutku, walau sebenarnya aku yakin lebih pintar dari dia. Ia  beneran, masalah buat lho....?. Ya iya masalah, Nyapres itu nggak sembarang Bro harus punya kendaraan. Yo..siapa bilang aku nggak punya kendaraan? tuh si bebek hitam polos bersuara bising tapi masih trendy, kan kendaraan.Ya Bro... itu sih kendaraan pribadi.Trus maksudnya kendaraan umum? kan pulang kuliah aku pake ngojek, kendaraan umum toh? wallah e.... kendaraan politik! parpol maksudnya? oh partai....? ada kok, tunggu aje! Partai Anak Kost. pasti banyak pendukungnya.

Saat ini di alam demokrasi ini siapa aje bisa jadi Calon Presiden. Tweeter aku juga punya,  kalaupun followernya cuma 5, tapi kan dasar negara kita kan cuma 5 sila, itu aje banyak diselewengkan. percuma banyak Follower kalo mereka cuma mata-mata pengintai yang mencari tahu, sapa, pandangan, untuk dijadikan bahan gunjingan, bahan makian, bahan menjatuhkan Calon lain, follower gue setia Bro.

Kembali ke anak kost, gue kasi tema ini karena pengen menang dalam ajang tulis tentang anak kost di situs ini, kemenangan kecil demi kemenangan kecil yang diraih adalah kemenangan besar, ingat itu kawan.  Ada kawan di tweeter yang karena merasa pintar akunnya cuma bisa buat nulis tweet nggak bisa di balas apalagi dikomen, itu jenis komunikasi top-down yang dipake di zaman otoriter, persetan dengan pendapatmu dan dengar apa yang saya katakan. Ia sih tulisannya benar " Matahari yang baru belajar tenggelam  sibuk mencari perhatian". kalo gue bro sudah sering tenggelam, di jidaku saja ada tanda karena dulu aku tenggelam dikali dan terbentur kepalaku. Wes, harusnya aku pingsan dan mati tenggelam, tapi karena aku mau Nyapres diselamatkan sama yang Kuasa.

Btw, menjadi Calon Presiden harus punya Visi, alias figurnya adalah Visioner.  Indonesia yang tidak sia-sia adalah visi saya dan misi saya adalah menjadikan sluruh Rakyat indonesia jadi anak kost. Indonesia yang tidak sia-sia adalah negara yang memiliki dasar hukum yang ditegakkan dan tidak sia-sia, negara yang melindungi rakyatnya dan tidak sia-sia, negara yang membangun dan mensejahterahkan rakyatnya dan tidak sia-sia, negara yang memiliki institusi hukum , memiliki lembaga politik, ekonomi, sosial dan budaya yang tidak sia-sia, negara yang memiliki sistem pendidikan yang tidak sia-sia, dan negara yang berdiri dimuka bumi dan tidak sia-sia. Menjadikan semua rakyat anak kost adalah menjadikan setiap individu mandiri, memiliki kemampuan hidup dan membiayai dirinya sendiri, memiliki impian dan komitmen serta integritas untuk meraih impiannya, dan yang pasti menciptakan manusia-manusia yang berani Nyapres. orang yang kerjanya Ngomongin  sumpah pocong aje bisa Nyapres.

Saya berada di sebuah pulau yang mungkin presiden sekarang tidak kenal. Pulau Selayar namanya,  sudah dipulau, terpencil, ngekost lagi, eh mau jadi Presiden, ya iya Takkan lahir pelaut ulung di lautan yang teduh, di sini " Ombaknya bisa 5 sampai 7 meter bro. Salam hormatku buat seluruh rakyat indonesia, bukan hanya Buat pak Boed, pak Dino atau pak Yus. Di sini dipulau ini, ditempat tenggelamnya matahari saya berdiri manyatakan " Anak kost pengen nyapres".

Andre Sunarta

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun