Mohon tunggu...
Andre wahyusetyawan
Andre wahyusetyawan Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar/Ketua tim basket dan anggota band sekolah/No urut 2 "Cipta lagu" di Flsn2n tingkat kabupaten/Sekolah SMAN 1 Cerme

Saya suka bermain basket,membuat lirik lagu terkadang bermain musik,saya punya hobi juga menulis artikel di blog pribadi tentang pertandingan NBA dan terakhir saya terkadang suka melihat puisi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Harga untuk Sukses Vs Harga untuk Menyesal

24 Mei 2024   14:42 Diperbarui: 24 Mei 2024   14:53 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nggak ada satupun orang sukses yang belum bayar harga untuk sampai di titik kesuksesan. Mereka kerja keras dari pagi sampai malam, dan itu baru permulaan. Selain kerja keras, mereka juga kerja pintar: ngerti cara berbisnis, paham industri, cari mentor, dan belajar dari orang yang lebih sukses. Intinya, harga untuk jadi sukses itu mahal banget.

Kalau menurut lu harga sukses terlalu mahal, gue kasih tahu nih, harga penyesalan itu jauh lebih mahal. Penyesalan adalah harga termahal yang bakal lu bayar seumur hidup. Bayangin deh, pas lu udah tua, lu cuma bisa lihat balik ke masa lalu dan menyesal. Dulu lu mabok-mabokan, nyari alasan, nyalahin keadaan, dan nggak ngelakuin apa-apa buat merubah nasib. 

Nanti, lu bakal mikir, "Coba dulu gue dengerin nasihat itu. Coba dulu gue mulai bisnis. Coba dulu gue bikin channel YouTube. Coba dulu gue lamar kerja di sana. Coba dulu gue upgrade skill gue. Coba dulu gue berani ambil risiko." Lu bakal nyesel karena nggak bisa bikin orang tua lu senyum sebelum mereka meninggal, nggak bisa bawa nyokap lo kerumah impiannya, atau nggak bisa kasih sesuatu yang terbaik buat mereka. 

Berani memulai dan menghindari penyesalan

Penyesalan adalah harga yang super mahal dan nggak bisa dibandingin sama harga buat jadi sukses. Pilihannya sekarang, mau bayar harga buat jadi sukses atau mau bayar harga penyesalan di masa depan? Kebanyakan dari kita takut mulai sesuatu gara-gara omongan orang. Bayangin betapa bodohnya, omongan orang bikin lo takut buat mulai sesuatu.

Orang sukses nggak peduli sama ejekan orang lain. Misalnya, lu mulai bisnis jualan Lumpia  pas masih SMP atau SMA, mungkin lu bakal diketawain sama teman-teman. Tapi ingat, setiap langkah kecil menuju impian lu adalah investasi buat ngurangin penyesalan di masa depan.

Jadi, ambil keputusan sekarang. Mau bayar harga sukses dengan kerja keras, belajar, dan berani coba hal baru atau lebih pilih bayar harga penyesalan yang jauh lebih mahal di kemudian hari? Keputusan ada di tanganmu. Jangan biarin omongan orang lain ngehentiin langkah buat meraih impian dan menghindari penyesalan di masa tua.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun