Mohon tunggu...
Andrea Wiwandhana
Andrea Wiwandhana Mohon Tunggu... Wiraswasta - Digital Marketer

Menggeluti bidang digital marketing, dan saat ini aktif membangun usaha di bidang manajemen reputasi digital. Spesialis dalam SEO, dan Optimasi Google Business.

Selanjutnya

Tutup

Cryptocurrency

Pengalaman Pahit di Crypto: Kehilangan 25 Juta dalam Semalam

22 Juli 2024   11:19 Diperbarui: 22 Juli 2024   11:20 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
California Management Review

Cryptocurrency telah menjadi topik yang panas dalam beberapa tahun terakhir, menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat. Namun, di balik janji manis tersebut, tersimpan risiko besar yang bisa menghancurkan mimpi dalam sekejap. Dalam artikel ini, saya ingin berbagi pengalaman pribadi tentang bagaimana saya kehilangan 25 juta rupiah hanya dalam semalam.

Sebagai seorang yang selalu tertarik dengan teknologi dan investasi, saya tidak bisa menahan diri untuk terjun ke dunia cryptocurrency. Saya mulai dengan riset dasar, membaca berbagai artikel, mengikuti berita terbaru, dan bergabung dengan beberapa komunitas online. Semuanya tampak sangat menjanjikan; ada cerita-cerita orang yang sukses besar hanya dalam waktu singkat. Jadi, saya memutuskan untuk mencoba peruntungan saya.

Dengan modal awal 10 juta rupiah, saya mulai berinvestasi dalam beberapa cryptocurrency terkenal seperti Binance, Sandbox, Decentraland, Solana, Cardano, Polygon, sampai koin lucu-lucuan seperti Shiba Inu. Awalnya, semuanya berjalan lancar. Nilai investasi saya bertambah seiring dengan kenaikan harga pasar. Dalam waktu sebulan, saya berhasil menggandakan modal saya menjadi 25 juta rupiah. Keberhasilan awal ini membuat saya semakin yakin dan berani untuk menambah modal.

Setelah merasakan manisnya keuntungan awal, saya memutuskan untuk menginvestasikan tambahan 15 juta rupiah. Saya menyebar investasi tersebut ke beberapa altcoin yang sedang naik daun berdasarkan rekomendasi dari komunitas online. Saya merasa percaya diri dan optimis, karena selama beberapa minggu, semua altcoin tersebut menunjukkan tren naik yang stabil.

Suatu malam, sebelum tidur, saya memeriksa portofolio investasi saya. Semuanya tampak baik-baik saja, dengan beberapa altcoin menunjukkan kenaikan signifikan. Saya tidur dengan perasaan lega dan optimis bahwa besok akan menjadi hari yang lebih baik lagi. Namun, ketika saya bangun pagi hari berikutnya dan memeriksa kembali portofolio saya, saya terkejut dan tidak percaya dengan apa yang saya lihat.

Nilai investasi saya anjlok drastis. Total kerugian mencapai 25 juta rupiah dalam semalam. Saya bengong, kaki saya dingin, merasa seperti dunia runtuh di hadapan saya. Perut saya mules rasanya, sampai tidak bisa tidur karena gelisah. Bagaimana bisa semuanya berubah begitu cepat dalam hitungan jam?

Pengalaman pahit ini mengajarkan saya beberapa pelajaran berharga:

  1. Volatilitas Pasar: Cryptocurrency sangatlah volatile. Harga bisa naik dan turun drastis dalam waktu singkat.
  2. Riset dan Pengetahuan: Investasi di dunia crypto memerlukan pengetahuan yang mendalam dan riset yang matang. Jangan hanya bergantung pada rekomendasi dari komunitas online.
  3. Jangan Investasikan Uang yang Tidak Bisa Kehilangan: Hanya investasikan uang yang Anda siap untuk kehilangan. Jangan pernah menggunakan dana darurat atau tabungan penting untuk berinvestasi di pasar yang sangat berisiko.

Dunia cryptocurrency menawarkan peluang keuntungan yang besar, namun juga datang dengan risiko yang tidak kalah besar. Butuh 4 bulan untuk portofolio crypto saya dapat naik ke posisi semula agar segera bisa saya jual. Sejak saat itu, sampai sekarang sudah 3 tahun saya belum pernah membeli crypto lagi, takut. Pengalaman kehilangan 25 juta rupiah dalam semalam mengingatkan saya untuk selalu berhati-hati dan bijak dalam berinvestasi. Semoga pengalaman saya ini bisa menjadi pelajaran bagi Anda semua yang tertarik terjun ke dunia crypto.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cryptocurrency Selengkapnya
Lihat Cryptocurrency Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun