Mohon tunggu...
ANDREAS LINGGARMAHENDRA
ANDREAS LINGGARMAHENDRA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo, semuanya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menumbuhkan Karakter Gemar Membaca Anak Melalui Metode One Day One Dongeng di Tengah Pandemi COVID-19

14 Oktober 2024   07:30 Diperbarui: 14 Oktober 2024   08:01 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

            Penelitian ini membahas tentang penanaman karakter gemar membaca pada siswa sekolah dasar melalui metode "one day one dongeng" selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan analisis isi untuk mengeksplorasi bagaimana metode ini dapat meningkatkan minat baca anak-anak. Tujuannya dalam metode one day one dongeng adalah untuk menumbuhkan minat baca anak melalui pembacaan dongeng setiap hari selama masa pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif, yang berfokus pada bagaimana strategi 'one day one dongeng" untuk menumbuhkan anak lebih suka membaca.

            Strategi yang digunakan dalam menumbuh minat baca anak antara lain One Day One Dongeng: Setiap hari, anak-anak mendengarkan satu dongeng, baik itu dongeng binatang maupun dongeng biasa, untuk meningkatkan kebiasaan membaca mereka.lalu juga terdapat teknik mendengarkan: Melibatkan metode menyimak estetik dan kreatif, serta membaca gambar dan bercerita, dengan pendongeng (orang tua atau guru) memvisualisasikan cerita agar lebih menarik bagi anak. Setelah itu terdapat interaksi dan Feedback: Anak-anak diminta memberikan umpan balik setelah mendengarkan dongeng, yang membantu pendongeng untuk memahami minat dan pemahaman anak terhadap cerita. Lalu juga penggunaan Media: Penggunaan alat bantu seperti boneka atau gambar oleh orang tua di rumah untuk membuat dongeng lebih interaktif. Terakhir dengan memberian reward: Anak-anak diberikan penghargaan atau reward untuk meningkatkan motivasi mereka dalam mendengarkan dan memahami cerita.

            Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pembiasaan membaca dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan melibatkan anak secara interaktif. Orang tua berperan penting dalam kegiatan ini, perlu menciptakan suasana yang menyenangkan untuk memotivasi anak. Pemberian kebebasan kepada anak dalam memilih buku juga dapat meningkatkan keterlibatan mereka dalam kegiatan membaca.

            Secara keseluruhan, metode "one day one dongeng" terbukti efektif dalam menumbuhkan minat baca anak di rumah selama pandemi. Metode ini bisa dijadikan model pembelajaran literasi yang dapat diterapkan oleh para pendidik dan orang tua.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun