Jujur, nggak tahu mau menulis apa, saya hanya membiasakan agar kebiasaan menulis tidak hilang. Jujur, antara judul dan isinya mungkin juga nggak nyambung, bahkan hancur berantakan karena saya juga tidak menggunakan kaidah atau dasar-dasar kepenulisan. Jadi, ya anggap saja saya lagi sok tau, sok iye, dan sok bener untuk menulis tentang dunia bisnis.
Lanjut,
Saya percaya bahwa dalam bisnis ada empat komponen penting yaitu : produk, harga, pelayanan, dan pemasaran. Masing-masing komponen memiliki karakter tersendiri namun semuanya saling melengkapi.
Apa yang mau kamu jual bila tidak ada produknya, entah berupa barang/jasa?
Bagaimana dapat berbisnis bila tidak mau melayani konsumen, baik langsung maupun tidak langsung?
Bagaimana menentukan konsumen bila tidak jelas harganya?
Bagaimana bisa menjual bila tidak melakukan pemasaran?
Se-fleksibel apapun, sebuah barang/jasa akan tetap memiliki harga, bila harganya "tidak ada atau tidak ternilai" maka sudah pasti itu bukan 'barang dagangan', mungkin namanya 'pemberian'. Kalaupun dalam barang tersebut ada tagline tidak ternilai namun ada harganya, itu hanya gimmick belaka.
Secanggih apapun ilmu marketing yg kamu miliki, tidak akan bisa menghasilkan uang kalau kamu tidak punya produk yg akan dijual apalagi juga tidak mau turun tangan melayani. Dan bagaimana bisa fokus menentukan strategi pemasaran kalau konsumen yg ingin dituju tidak jelas karena harganya juga tidak jelas?
Lanjut,
Pertama, Produk. Apa yg ingin kamu buat dan jual? Apakah produk yg tergolong pioneer di mana tidak ada pesaingnya atau sebuah produk hasil mengamati, meniru dan memodifikasi dari produk yang sudah ada sebelumnya? Apapun produk kamu buatlah produk itu sekreatif mungkin, kegunaan yang paling bermanfaat, dan cara pakai sesederhana mungkin lalu fokuslah di sana.