Mohon tunggu...
Andrea AureliaCrysanta
Andrea AureliaCrysanta Mohon Tunggu... Freelancer - Communication Science Student

Mahasiswa yang baru mencoba untuk menulis:) mohon dipahami.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Apakah CNBC Indonesia Memenuhi Karakteristik Media Baru?

3 September 2019   02:44 Diperbarui: 3 September 2019   14:04 528
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di tulisan saya sebelumnya, (klik di sini) telah membahas mengenai karakteristik media baru. Dalam tulisan kali ini penulis akan mengulik mengenai salah satu portal berita baru di Indonesia dan mencari apakah portal berita tersebut tergolong dalam media baru. Media yang akan dibahas adalah CNBC Indonesia

Sekilas Tentang CNBC

CNBC Indonesia atau Consumer News and Bussiness Channel Indonesia merupakan salah satu portal berita di Indonesia milik Trans Media Grup bekerjasama dengan NBC Universal International. CNBC memiliki situs berita online (cnbcindonesia.com) dan stasiun televisi (live streaming di web milik CNBC atau Transvision channel 85). Pada 8 Oktober 2019, portal berita online CNBC diluncurkan dan di tanggal 10 Oktober 2019 CNBC mulai mengudara di siaran televisi. Tak hanya itu, pembaca juga dapat mengakses CNBC Indonesia melalui aplikasi yang dapat diunduh di play store. Berita-berita yang dibuat CNBC berfokus pada ekonomi, bisnis , hukum dan hankam yang mempengruhi dinamika nasional. Meski juga terpat berita lain sepeti lifestyle dan teknologi. Berita didapat dari hasil riset, perhitungan dan statistika yang valid (untuk berita ekonomi)

Karakteristk Media Baru dalam CNBC Indonesia

Karakter media baru yang akan dibahas dalam tulisan kali ini bersumber dari Lister  dalam bukunya yang berjudul New Media : A Critical Introduction, antara lain

  • Digital

CNBC Indonesia memiliki banyak platform online yang memudahkan pengguna mengakses. Berita yang disediakan tersebar dengan luas melalui web official CNBC yang di dalamnya tersedia jurnalistik berita dan juga tersedia live streaming untuk CNBC Channel. Tak hanya itu, CNBC juga menyapa pembaca melalui akun twitter @CNBCIndonesia ( publikasi berita terbaru yang diunggah dalam web) dan akun CNBC Indonesia. Bagi anda pengguna android, dapat juga mendownload aplikasi CNBC Indonesia untuk lebih memudahkan akses. CNBC masuk ke banyak platform media sosial agar pembaca lebih merasa nyaman dan memberikan pilihan platform bagi pembaca. Ciri utama digital adalah CNBC Indonesia tidak membuat berita dalam versi cetak namun disebarkan lewat internet yang tidak ada bentuk fisiknya.

  • Interaktivitas

Untuk karakteristik yang satu ini, CNBC belum dikatakan sangat interaktif kepada pembaca mapun penonton karena beberapa hal. Dalam web resmi CNBC Indonesia menyedakan kolom komentar yang dapat digunakan pembaca untuk berinteraksi, namun sayangnya kolom komentar tersebut sepi. Tapi dengan adanya penyediaan kolom komentar, artinya pihak CNBC Indonesia sudah mencoba untuk berinteraksi dengan pembaca. Untuk twitter dan facebook sendiri CNBC cukup jarang membalas komentar pembaca dan fokus publikasi berita saja.

  • Hypertextual

dokpri
dokpri
Laman web official CNBC Indonesia sudah melakukan sistem hypertext yaitu dengan satu kali klik, pembaca dapat pergi ke laman lainnya. Hypertext pada web official CNBC Indonesia dapar dijumpai di dalam artikel (tertulis seperti "baca juga : ...") dan di bawah kolom komentar yang menyuguhkan dan menghubungkan satu artikel dengan artikel lain yang terkait dengan isi berita  Pembaca juga dipermudah dengan adanya kolom kategori berita seperti market, investment, news, entrepreneur, syariah, technology, lifestyle dan opini.
  • Networked

CNBC mempunyai facebook dan twitter yang dapat menghubungkan para pembaca baru maupun pembaca setia CNBC Indonesia. Para pembaca tidak hanya terhubung kepada CNBC Indonesia namun juga dapat menemukan pembaca lainnya karena twitter dan facebook adalah media sosial. CNBC Indonesia juga menyediakan kolom opini, dimana para mantan wartawan,  jurnalis muda, dosen, pemilik lembaga atau perusahaan, pengamat dan berbagai individu berintelektual lainnya untuk dapat menulis suatu artikel berisi opini mereka melihat suatu fenomena yang didasari fakta dan pengamatan. CNBC Indonesia dapat menjadi platform untuk mereka yang ingin menulis.

dd-5d6de0a7097f362fc555b6e2.png
dd-5d6de0a7097f362fc555b6e2.png
  • Virtual

CNBC Indonesia memanfaatkan platform online dalam penyebaran berita yaitu web, live streaming, twitter, facebook dan aplikasi. Melalui banyak platform tersebut, CNBC Indonesia memiliki jangkauan yang luas.

  • Simulated

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun