Regulasi mobil F1 yang sekarang digunakan akan berakhir pada tahun 2020. Untuk itu para pemimpin F1 di bawah Liberty Media mengadakan pertemuan dengan pabrikan mobil baik yang saat ini berkompetisi dalam lomba jet darat ini maupun pabrikan-pabrikan mobil lain yang potensial seperti VW dan Alfa Romeo untuk membahas regulasi mobil F1 setelah 2020. Seperti diketahui saat ini bisnis balapan F1 tidak lagi segemerlap biasanya dan kehilangan fans setia, penggemar, bahkan investor dan sponsor karena berbagai macam hal (baca juga).
Untuk menangani hal itu, salah satu solusi yang hendak diambil adalah membuat mobil F1 kembali bising. Kelemahan regulasi mesin turbo hibrida yang dianut saat ini salah satunya adalah menghilangkan suara khas mesin F1 yang bising. Hasil pertemuan yang membahas soal pabrikan mesin mobil F1 ini juga menghasilkan keputusan untuk menggunakan mesin dengan biaya lebih murah. “Mesin harus simpel (untuk diproduksi), lebih bising, dan berharga tidak lebih dari 10 juta,” sembur dr Helmut Marko, konsultan tim Red Bull Racing seperti dilaporkan Motorsport.
Todt lebih tertarik terhadap sel bahan bakar karena untuk jarak relatif panjang, pengisian daya tidak membutuhkan waktu lama. Todt juga berkata bahwa walaupun mesin F1 tidak mengikuti perkembangan teknologi bukan berari F1 akan menjadi kuno. "Kami ingin memperkenalkan teknologi sel bahan bakar di beberapa kategori balap di masa mendatang. Tapi kami masih ingin F1 menggunakan teknologi mesin konvensional. Tapi itu juga bukan berarti kita akan memakai mesin yang digunakan sepuluh tahun yang lalu, itu tidak akan terjadi." begitu dikutip dari id.motorsport.com.
Red Bull menginginkan agar masalah produsen mesin independen dapat diakomodasi dalam regulasi baru F1. "Cukup banyak perusahaan yang bisa menyuplai mesin (dengan kriteria tersebut). Jadi kami berharap kepada pemilik F1 yang baru dan FIA untuk segera mencari solusi secepatnya pada akhir musim ini. Jika itu tidak terjadi, maka kami bisa hengkang dari F1," ancam dr Marko, seperti dikutip dari id.motorsport.com. Red Bull memberi waktu pada FIA untuk mempertimbagkan metode ini dalam peraturan barunya hingga akhir tahun ini. Solusi baik untuk mengembalikan kedigdayaan F1 dengan perkembangan mesin tetapi diikuti dengan keluarnya tim pesaing yang hebat tentunya bukan preseden baik bagi FIA dan bisnis F1 itu sendiri.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H