Mohon tunggu...
Andi Wi
Andi Wi Mohon Tunggu... Penulis - Hai, salam!

Bermukim di Cilongok - Banyumas - Jawa Tengah. Kamu bisa mulai curigai saya melalui surel: andozshort@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi | Menjadi Tidak Peduli

28 Maret 2017   11:08 Diperbarui: 30 Maret 2017   00:00 565
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://pbs.twimg.com

Menjadi tidak peduli. Aku akan belajar dari seorang penganggur yang buta jam kerja bagi kesibukannya yang padat akan mimpi-mimpi kosong yang rapat.

Menjadi tidak peduli. Aku akan mulai menanyai benda-benda asing yang disentuh anak kecil tanpa rasa takut; apakah api, apakah kalajengking, apa ia tak malu menangis di tengah pasar malam,  di antara kerumunan orang pesta pernikahan begitu?

Menjadi tidak peduli. Demikian aku akan belajar darimu seorang prajurit berani mati bagi negara dan agamanya dan membiarkan sedetik kemudian gula-gulaku habis dirubung semut. Dan lelucon Tragedi Winka dan Sihka masih berlanjut.

Menjadi tidak peduli. Aku akan memacari pohon-pohon, batu-batu, pot bunga rumahmu, kerikil-kerikil kecil, sebutkan saja, kami akan berbagi apa pun tanpa menginginkan imajinansi baru bersaing siapa yang paling batu, dan lama membalas pesan.

Menjadi tidak peduli. Aku akan belajar dari prosa panjang yang sulit dinyanyikan, ayat pendek yang susah dihapal bagi yang menyerah dan pelupa dan bagimu aku tidak peduli, apa yang kau masih ingat bunyi napasku yang megap-megap ketika menggapimu?

Menjadi tidak peduli. Aku ingin menjadi yang tiba-tiba terlanjur menjadi suara yang di lemparkan ke dalam lorong. 

Beranda Rumah Bersama Dul, Maret 2017

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun