Mohon tunggu...
Andi Samsu Rijal
Andi Samsu Rijal Mohon Tunggu... Dosen - Peneliti Bahasa dan Budaya

Seorang Ayah; Pencinta Buku

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Dari Penggemar K Pop, Drakor hingga Kuliner Khas Korea di Kota Makassar

9 Maret 2023   11:49 Diperbarui: 9 Maret 2023   12:25 263
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
koreanfood, sumber foto:Befreetour

Kuliner Khas Korea Selatan semakin populer di kalangan masyarakat kita di Indonesia. Beberapa kota-kota besar di Indonesia, kuliner tersebut sudah semakin digemari oleh lidah generasi ibu-ibu hingga generasi Z. Tak hanya ditemukan di restoran tetapi juga jenis street food ala Korea yang dijual oleh pedagang kaki lima. Gelombang penggemar Korean Food tersebut tentu tidak hadir begitu saja tetapi berawal dari komunitas penggemar boyband BTS hingga ibu-ibu penggemar oppa-oppa Korea melalui layar drakor. Hadirnya penggemar dan beberapa komunitas yang terbentuk di Indonesia  dimanfaatkan dengan baik oleh para pengusaha kuliner. 

Beberapa pengusaha kuliner yang awalnya merupakan pengusaha kuliner  khas Asia secara umum kini lebih spesifik melabeli restorannya dengan restoran khas Korea. Meski di dalam restoran tersebut masih kita jumpai beberapa menu khas negara asia lainnya seperti Jepang dan China. Tidak sampai pada nama restoran saja melainkan berani memberi brand restoran mereka seperti Brand Korean FOOD AUCE, KOREAN BBQ, demikian juga yang tampak pada iklan konvebsional dan tagar pada iklan virtual seperti restoran Korea all you can eat (AYCE/ AUCE), BBQ, SIMHAE, GAEMBUL, dan sebagainya. 

Para pengusaha kuliner tersebut begitu sangat yakin bahwa komunitas bucin dari BTS dan oppa korea melalui drakor tentu akan merasakan masakan khas Korea selatan tersebut. Apa yang telah dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia melalui darama Korea tentu mereka akan semakin penasaran untuk menikmati menu melalui layar HP hingga ada di depannya layaknya mencari menu di aplikasi grab/go food kemudian menjumpai makanan di meja nyata. Apa yang disajikan oleh pengusaha kuliner khas Korea tersebut tentu disesuaikan dengan kecenderungan makan masyarakat Indonesia pada umumnya, sehingga sangat familiar bagi masyarakat perkotaan.  Tak sedikit di antara restoran tersebut semakin hari semakin viral karean model promosi mereka melalui orang per orang, dengan potongan harga, dengan variasi menu yang viral di media TV/ Sosial Media. 

****

"Kuliner khas Korea sangat berkembang di kota Makassar. Para penggemar drama Korea tentu sangat familiar dengan makanan khas Korea seperti Red Kimchi/ Corndog Monster, Korean BBQ, Tteokbokki, Kimbab. Para pengusaha makananpun mengambil kesempatan ini sebagai peluang bisnis yang menjanjikan, mereka jelas menyenangi makanan korea yang selalu ditampilkan pada setiap adegan di drama korea" kata salah satu informan yang penulis jumpai di kota Makassar.

 ****

Salah satu contoh bahwa Restoran bernama HAN MI GA pertamakali hadir di kota Makassar dengan ciri khas Korea yang halal dan nyaman. Ownernya lantas adalah orang asli Korea yakni Hwang Si Jun. Kalau pengin coba Kimchi dengan rasa Korea sekali, tempat ini dapat jadi opsi Kalian. Selain restoran ini benar-benar nyaman baik dari sisi tempat, keadaan atau dari tanggapan pelayannya, harga yang disuguhi buat setiap menunya lantas termasuk cukuplah dapat terjangkau buat sekelas makanan internasional. HAN MI GA kerap melaksanakan promo-promo atau berikan discount di kejadian -- kejadian tersendiri.

Setelah kehadiran restoran Han Mi Ga disusul dengan penmbukaan restoran Myoung-Gak yang juga kental dengan ciri khas kuliner Korea. Demikian juga restoran lainnya seperti Miss Heo, Shabu Qi, Miomo Korean Food, Namsan Korean BBQ, Korean BBQ Chung Gi Wa, Ko Ryu Jong Restoran, Red Kimchi, Chir-Chir Fusion Chicken Factory, Haenbook, hingga Jeonju Korean BBQ.  Restoran Korea sangat berbeda dengan restoran nusantara. Restoran Korea memiliki ciri khas yakni dengan sistem pemesanan seperti istilah pemesanan All You Can Eat, kebanyakan restoran memberlakukan sistem makan berpasangan bukan perorangan, waktu makan, dan alat masak/ alat makan.

****

Demikian beberapa di beberapa kota provinsi di Indonesia seperti di Jakarta dan di Bali tentu lebih awal dikembangkan restoran korea di sana mengingat sering di adakan jumpa fans dan lokasi syuting film Drama Korea. Adanya jumpa fans di Indonesia dan menjadikan beberapa spot di Indonesia sebagai lokasi syuting tentu menambah familiaritas demam korea masyarakat kita di Indonesia. Selain karena faktor tersebut di atas, beberapa YouTuber asal Indonesia yang ada di Korea Selatan juga sangat membantu melakukan revieu kuliner khas Korea Selatan untuk masyarakat Indonesia. Demikian para traveller, pebisnis dan juga para mahasiswa asal Indonesia yang berada di Korea turut memberi pengaruh atas minatnya masyarakat Indonesia terhadap makanan khas Korea.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun