Mohon tunggu...
Andi putrimarini
Andi putrimarini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pribadi

Mahasiswa IAIN KENDARI

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengenal Pasar Persaingan Sempurna

16 Desember 2022   18:28 Diperbarui: 16 Desember 2022   18:33 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pasar Persaingan Sempurna adalah pasar dimana penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga sehingga harga  pasar sebenarnya merupakan hasil kontrak dan interaksi  penawaran dan permintaan.

Persaingan sempurna merupakan struktur pasar yang dicirikan oleh sejumlah besar pembeli dan penjual. Transaksi masing-masing individu (pembeli dan penjual) sangat kecil dibandingkan dengan total output industri sehingga tidak dapat mempengaruhi harga produk. Pembeli dan penjual bertindak secara terpisah hanya sebagai pengambil harga. Dalam pasar persaingan sempurna, tidak ada perusahaan yang dapat memperoleh laba di atas normal dalam jangka panjang.

Pasar persaingan sempurna termasuk dalam  pasar komoditas yang paling ideal karena memiliki karakteristik yang memaksimalkan kesejahteraan masyarakat. Ciri-ciri utama pasar persaingan sempurna adalah produk yang tersedia identik atau homogen, terdapat banyak produsen dan konsumen di pasar, sehingga baik produsen maupun konsumen merupakan penerima harga, dan perusahaan dapat dengan mudah masuk dan keluar  pasar, dan kedua produsen dan konsumen konsumen memiliki pengetahuan yang sempurna tentang pasar.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

 Pasar Persaingan Sempurna memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan perusahaan lain. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah :

 1. Jumlah penjual dan pembeli yang banyak

 Jumlah produsen dan konsumen di pasar sangat banyak, sehingga peluang masing-masing produsen dan konsumen di pasar sangat kecil dan tidak dapat bahkan . mempengaruhi pasar.

 2. Produk Homogen

 Produk Homogen adalah produk yang dapat memuaskan konsumen tanpa mengetahui siapa produsennya. Oleh karena itu, konsumen tidak membeli merek, tetapi membeli barang atau jasa untuk penggunaan yang dimaksudkan.

 3. Penyebaran informasi yang lengkap

 Pelaku pasar (produsen dan konsumen) memiliki informasi yang lengkap tentang harga dan kualitas produk yang dijual.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun