Pasar Persaingan Sempurna adalah pasar dimana penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga sehingga harga  pasar sebenarnya merupakan hasil kontrak dan interaksi  penawaran dan permintaan.
Persaingan sempurna merupakan struktur pasar yang dicirikan oleh sejumlah besar pembeli dan penjual. Transaksi masing-masing individu (pembeli dan penjual) sangat kecil dibandingkan dengan total output industri sehingga tidak dapat mempengaruhi harga produk. Pembeli dan penjual bertindak secara terpisah hanya sebagai pengambil harga. Dalam pasar persaingan sempurna, tidak ada perusahaan yang dapat memperoleh laba di atas normal dalam jangka panjang.
Pasar persaingan sempurna termasuk dalam  pasar komoditas yang paling ideal karena memiliki karakteristik yang memaksimalkan kesejahteraan masyarakat. Ciri-ciri utama pasar persaingan sempurna adalah produk yang tersedia identik atau homogen, terdapat banyak produsen dan konsumen di pasar, sehingga baik produsen maupun konsumen merupakan penerima harga, dan perusahaan dapat dengan mudah masuk dan keluar  pasar, dan kedua produsen dan konsumen konsumen memiliki pengetahuan yang sempurna tentang pasar.
Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna
 Pasar Persaingan Sempurna memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan perusahaan lain. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah :
 1. Jumlah penjual dan pembeli yang banyak
 Jumlah produsen dan konsumen di pasar sangat banyak, sehingga peluang masing-masing produsen dan konsumen di pasar sangat kecil dan tidak dapat bahkan . mempengaruhi pasar.
 2. Produk Homogen
 Produk Homogen adalah produk yang dapat memuaskan konsumen tanpa mengetahui siapa produsennya. Oleh karena itu, konsumen tidak membeli merek, tetapi membeli barang atau jasa untuk penggunaan yang dimaksudkan.
 3. Penyebaran informasi yang lengkap
 Pelaku pasar (produsen dan konsumen) memiliki informasi yang lengkap tentang harga dan kualitas produk yang dijual.