Mohon tunggu...
Andipati 2001
Andipati 2001 Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar

Suka nulis artikel random, cerpen dan puisi https://www.instagram.com/Andipati17/

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Tips Menjaga Pikiran Agar Tidak Stress Akibat Lembur

23 Desember 2023   19:28 Diperbarui: 23 Desember 2023   19:32 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://kagama.co/2019/05/06/langkah-tepat-agar-terhindar-dari-kerja-lembur/

Menjelang akhir tahun, tekanan kerja bisa meningkat, dan lembur menjadi hal umum. Namun, penting untuk menjaga kesehatan mental agar tidak terjebak dalam stres akibat beban kerja berlebih. Artikel ini akan memberikan tips untuk menjaga pikiran agar tetap sehat dan positif meskipun dalam situasi lembur di akhir tahun.

1. Atur Prioritas dan Rencanakan Tugas:

a. Identifikasi Prioritas:Sebelum mulai bekerja, identifikasi tugas yang paling penting dan mendesak. Atur prioritas agar pekerjaan yang memerlukan perhatian ekstra dapat diselesaikan lebih awal.

b. Buat Rencana Harian/Mingguan:Buat rencana harian atau mingguan yang terinci. Rencanakan waktu istirahat dan pastikan untuk menyertakan waktu luang di antara tugas untuk menghindari kelelahan.

2. Tetapkan Batas Waktu Kerja:

a. Tetapkan Jam Kerja yang Tetap:Tentukan jam kerja yang tetap dan patuhi itu. Memiliki batas waktu kerja membantu mencegah lembur yang tidak perlu dan memastikan waktu istirahat yang cukup.

b. Hindari Pekerjaan di Luar Jam Kerja:Setelah jam kerja berakhir, hindari pekerjaan tambahan kecuali jika memang diperlukan darurat. Berikan waktu untuk istirahat dan menghabiskan waktu bersama keluarga atau melakukan kegiatan yang menyenangkan.

3. Manfaatkan Teknologi untuk Efisiensi:

a. Gunakan Alat Manajemen Waktu:Manfaatkan aplikasi atau alat manajemen waktu untuk mengoptimalkan produktivitas. Pembagian tugas dan penjadwalan dapat membantu mengatasi pekerjaan yang menumpuk.

b. Jangan Tersesat dalam Email atau Pesan:Atur waktu khusus untuk menanggapi email dan pesan. Jangan biarkan komunikasi digital menjadi penyebab stres yang tidak perlu di luar jam kerja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun