Pengertian teori vygotsky
Teori belajar vygotsky
Lev vygotsky merupakan seorang psikolog, yang hidup pada masa revolusi rusia. Lev vygostky juga sering di hubungkan dengan psikolog yang berasal dari swiss yang bernama piaget. Vygotsky meninggal di usia tigah puluh tujun tahun.
Teori ini menawarkan sebuah potrek dalam perkembangan manusia dalam suatu yang tidak terpisah dengan kegiatan - kegiatan budaya serta juga dengan sosial. Vygotsky juga menekankan cara - cara dalam proses perkembangan mental contohnya yaitu ingatan, perhatian serta penalaran dengan melibatkan pembelajaran seperti mengunakan temuan - temuan dalam masyarakat contohnya dalam mengunakan bahasa, sistem matematikan serta alat - alat ingatan. Tidak hanya itu  Teori vygotsky juga menekankan cara bagaimana anak-anak dalam membantu perkembangan dengan melibatkan bimbingan dari orang -norang yang sudah terampil di dalam bidang masing - masing anak.Â
Menurut teori vygotsky anak - anak yang lahir dengan fungsil mental yang relatif contohnya dengan kemampuan dalam memahami dunia dari luar dan memusatkan perhatian. Akan tetapi anak-anak tidak akan banyak memiliki fungsi mental yang lebih contohnya seperti ingatan berfikit dan menyelesaikan masalah. Â Fungsi-fungsil mental yang ada pada anak yanh lebib tinggi dianggatp sebagai alat kebudayaan dan alat - alat yang berasal dari suatu budaya.Â
Alat yang di wariskan pada anak - anak oleh anggota kebudayaan yang lebih tinggi selama terdapat pembelajaran yang di pandu dalam setiap pengalaman. Setiap pengalaman dengan orang lain secara berangsur angsur dapat menjadi semakin  mendalam apabila di bentuk dalam gambaran batin anak yang berhubunban dengan tentang dunia.Â
Teori vygots juga mencari pengertian tentang cara bagaimana anak berkembang melalui suatu proses belajar, dimana fungsi kognitif belum bisa matang akan tetapi masih dalam proses pematangan. Dalam Teori vygotsky membedakan antara aktual develovment serta juga potensial develoment pada anak.
Lev Vygotsky pada tahun 1896 - 1934 mengemukakan bahwa perkembangan kognitif dan bahasa anak tidak akan berkembang dalam suatu situasi sosial. Akan tetapi vygotsky juga tidak setuju dengan pendapat piaget. piaget berpendapat bahwa anak akan menjelajahi dunianya sendiri serta juga anak akan membentuk gambaran realitas batinya.Â
Sekian materi kali ini tentang teori vygotsky. Semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu bagi kalian semua. Maaf jika banyak kekurangan salah kata dan typo. Â
http://aniqiyah09luluk.blogspot.com/2012/12/teori-perkembangan-vygotsky.html?m=1
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H