Mohon tunggu...
Andini Putri Rahman
Andini Putri Rahman Mohon Tunggu... Mahasiswa

saya sosok yang bersemangat penuh antusiasme, kreativitas, dan idealisme. saya suka dengan ide dan kemungkinan yang konstan, yang satu lebih menarik dari yang sebelumnya. Rasa ingin tahu tak terbatas,saya suka pengalaman dan perspektif baru. Keterbukaan ini, dikombinasikan dengan imajinasi yang hidup,saya suka melihat potensi dan peluang yang mungkin tidak disadari oleh orang lain. saya seorang pemimpi dengan misi, didorong oleh keinginan mendalam untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Hal yang Mempengaruhi Pola Konsumsi dan Gaya Hidup Masyarakat di Era Digitalisasi

18 Desember 2024   00:08 Diperbarui: 18 Desember 2024   15:06 305
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Canva.Andini Putri Rahman 

Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat,era digital telah memberikan dampak yang signifikan terhadap pola konsumsi gaya hidup masyarakat. Teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari,mempengaruhi cara orang berbelanja,bekerja,bersosialisasi,dan bahkan berpikir.

Artikel ini akan membahas bagaimana era digital mempengaruhi pola konsumsi dan gaya hidup masyarakat dari tahun 2020 hingga 2024,dengan merujuk pada berbagai penelitian dan laporan yang relavan.

1. Kemudahan Akses Informasi Digital 

Di era digital, kemudahan akses terhadap informasi telah merubah cara konsumen memperoleh dan memperoses data tentang produk dan layanan. Menurut sebuah studi dari Pew Research Center (2021), 85% orang dewasa di dunia memakai internet untuk dapatkan informasi sebelum melakukan pembelian. Internet memungkinkan konsumen untuk membandingkan harga, membaca ulasan dan membuat suatu keputusan yang lebih baik mengenaik informasi.

Selain itu,fitur sherching seperti goole mempermudah konsumen untuk menemukan informasi produk dan informasi secara instan dan valid.

Platform e-commerce juga menawarkan fitur perbandingan harga dan ulasan untuk pelanggan,yang memudahkan konsumen untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan yang mereka butuhkan dan inginkan.

2. Transformasi Pola Konsumsi 

Studi yang dilakukan oleh McKinsey & Company (2022) menunjukkan bahwa belanja online telah menjadi pilihan utama bagi konsumen selama pandemi Covid-19 dan tren ini terus-menerus berlanjut hingga saat ini tahun 2024. E-commerce tidak hanya mengubah cara orang membeli suatu produk,tetapi juga memperluas akses pasar bagi usaha kecil dan menengah ke atas. 

Platform seperti Amazon,Alibaba,Tokopedia, dan Shopee telah menjadi platform yang banyak di minati oleh konsumen dalam mengubah transformasi yang sangat dinamis pada perubahan perilaku konsumen dan kemajuan teknologi.

Transaksi digital juga mengalami peningkatan signifikan.Menurut laporan Statista (2023),pengguna dompet digital seperti Paypal,Ovo, dan Gopay meningkat sebesar 30% selama tiga tahun terakhir. Hal ini disebabkan oleh kemudahan dan keamanan yang ditawarkan oleh metode pembayaran ini, yang menciptakan pengamalan belanja yang lebih nyaman dan efisien.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun