Perkembangan adalah perubahan psikofisik sebagai akibat dari proses penyesuaian fungsipsikisdan fisiktangan anak, yangdidukungoleh faktorlingkungan dan proses belajar pada waktu tertentu menuju kedewasaan.
Anak usia dini merupakan masa yang paling mendasar untuk perkembangan selanjutnya. Masa ini juga dipandang sebagai masa keemasan, masa peka atau masa peka, masa prakarsa dan prakarsa, serta pengembangan diri. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan anak adalah lingkungan yang dimaksud dengan lingkungan adalah semua orang atau manusia lain yang mempengaruhi kita. Pengaruh lingkungan sosial adalah sesuatu yang kita terima secara langsung, seperti dalam interaksi sehari-hari dengan orang lain, dengan keluarga kita, teman-teman kita, dan sebagainya.
Lingkungan termasuk tempat dirinya menghabiskan banyak waktu,seperti rumah, sekolah,tempat penitipan anak,lingkungan sekitar,dan lainnya.Lingkungan juga dapat memberikan pengaruh pada anak secara fisik.
Setelah mengamati keadaan lingkungan sekitar di rumah Andi, beberapa temuan menarik muncul terkait pengajaran moral dan agama.Salah satunya adalah seorang anak yang sedang bermain dengan temannya,ketika sedang bermain anak tersebut mengucapkan kata atau kalimat yang kasar. Hal itu juga salah satu dari pengaruh lingkungan sekitar terhadap anak tersebut, bagaimana dia berucap dan tingkah laku mereka yang tidak pantas untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Kondisi ini mencerminkan tantangan utama dalam pengembangan nilai moral dan agama pada anak usia dini. Mereka belajar dengan lingkungan yang kurang tepat untuk anak dalam masa pertumbuhan.
Anak memiliki perspektif yang berbeda selama pertumbuhan dan perkembangan mereka. Anak-anak dianggap memiliki bawaan yang sudah dibentuk, tetapi ada juga yang percaya bahwa lingkungan tempat mereka dibesarkan dan dididik membentuk mereka. Selama perkembangan mereka, anak dapat menanggapi berbagai rangsangan yang ada di sekitarnya, karena itu mempengaruhi fungsi fisik dan mental yang sudah siap.Masakanak-kanak adalah periode terbaik untuk memaksimalkan berbagai potensi, keterampilan, dan kemandirian.
John Locke berpendapat bahwa manusia dilahirkan dalam keadaan suci seperti kertas putih yang masih bersih. Menurut Locke, perkembangan manusia sangat ditentukan oleh lingkungannya.Pendidikan akhlak anak usia dini sangat penting karena pembentukan kepribadian sejak kecil akan berdampak pada kehidupan selanjutnya. Materi pendidikan akhlak anak usia dini meliputi akhlak terhadap Allah,akhlak terhadap orang tua, dan akhlak kepada diri sendiri.
Cara yang dapat dilakukan untuk membantu anak tidak terpengaruhlingkungan sekitarnya adalah dengan cara orang tua juga harus menjadi contoh bagi anak dengan merespon perilaku anak secara tepat.
Anak-anak harus berada di lingkungan yang mendukung perkembangan sosial dan emosialnya.Namun seiring dengan bertambahnya umur lingkungan sosial dan media yang menjadi peran penting dalam pembentukan perilaku anak.Hal ini agar anak mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.Orang tua sebagai peranpenting dalam pembentukan pondasi awal perilaku anak juga harus memberi contoh dalam berperilaku ,berbicar,dan beretika yang baik kepada anak.
Nama : Andini ayu Pinasti
Nim : 06020923018
Prodi : PIAUD UIN Sunan Ampel Surabaya