Mohon tunggu...
Andin MaulidyaPriyambada
Andin MaulidyaPriyambada Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Ekonomi Kota

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Kolaborasi 179 Mengadakan Sosialisasi Digital Marketing Guna Mempromosikan UMKM Desa Sumberjeruk

23 Juli 2023   13:17 Diperbarui: 23 Juli 2023   13:45 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Turut menggalakkan program SDGs Desa, berbagai universitas Di Jember berkolaborasi menyelenggarakan KKN dengan lokasi penempatan desa-desa Di Kabupaten Jember. Kelompok 179 merupakan salah satu kelompok KKN Kolaborsi dari Universitas Jember, Politeknik Kesehatan Jember, dan Universitas dr. Soebandi yang ditempatkan Di Desa Sumberjeruk, Kecamatan Kalisat. Bila dihitung harak Desa Sumberjeruk ke pusat Kota Jember berkisar 20 Km, berada pada dataran tinggi dengan mayoritas penduduknua bermata pencaharian sebagai petani dan pedagang.

Sabtu, 22 juli 2023 mahasiswa KKN Kolaborasi kelompok 179 mengadakan sosialisasi "Digital Marketing" kepada Ibu-Ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) dan ketua UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang bertujuan untuk meningkatkan branding UMKM Desa Sumberjeruk. Secara umum digital marketing berarti mempromosikan barang dagangan melalui media sosial. Di zaman yang serba digital ini, media sosial sangat berperan dalam menyebarkan informasi, salah satunya sebagai upaya mempromosikan produk UMKM di Desa Sumberjeruk. Usaha mikro kecil menengah di Desa Sumberjeruk berfariasi mulai dari kuliner seperti sate ayam dan kambing, sayur mayur, hingga fashion.

Pelaku usaha mikro kecil menengah harus mampu bersaing di pasar global agar usahanya tidak tertindas. melalui sosialisasi digital marketing, pelaku UMKM diajarkan cara untuk membuat akun media sosial hingga teknik marketing lainnya seperti packaging yang unik, poster maupun foto produk yang menarik. Media sosial memungkinkan pelaku usaha untuk mencapai konsumen dan membangun hubungan yang lebih luas. Selain itu, dari segi biaya lebih minim daripada pemasaran konvensional, serta dapat diakses kapanpun tanpa batas waktu. Dengan adanya sosialisasi digital marketing, diharapkan masyarakat mengerti bahwa terdapat alternatif yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk UMKM Desa Sumberjeruk sehingga dapat memperluas pemasaran

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun