Mohon tunggu...
Andika Nofrizal
Andika Nofrizal Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

hobi futsal dll

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kaoru Ishikawa, Tokoh yang Berperan dalam Teori dan Praktik Manajemen Mutu

1 April 2024   12:17 Diperbarui: 1 April 2024   12:53 366
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kaoru Ishikawa lahir di Tokyo pada tahun 1915 sebagai anak tertua dari Ichiro Ishikawa. Beliau lulus dari Universitas Tokyo pada tahun 1939 dengan gelar Sarjana Teknik di bidang kimia terapan. Setelah lulus, Ishikawa bekerja sebagai insinyur kelautan hingga tahun 1941, kemudian bergabung dengan Perusahaan Bahan Bakar Cair Nissan  hingga tahun 1947. Bapak Ishikawa memelopori proses pengendalian kualitas Galangan Kapal Kawasaki dan dianggap sebagai salah satu pendiri konsep manajemen modern.

Kaoru Ishikawa, Professor Japan - Vintage Photograph

Pada tahun 1949, Bapak Ishikawa bergabung dengan Persatuan Sains dan Teknologi Jepang (JUSE), sebuah organisasi yang berfokus pada pengendalian kualitas. Setelah Perang Dunia II, Jepang memimpin pembangunan kembali negaranya dan mengubah sektor industrinya. Tuan Ishikawa juga menghadiri upacara peresmian. Kemampuannya untuk mendorong masyarakat untuk mencapai tujuan bersama yang spesifik merupakan salah satu kontribusi terbesar bagi gerakan kualitas negara Jepang. Dia berpedoman kepada W. Edwards Deming dan Joseph untuk diterapkan ke dalam sistem industri Jepang.

Ketertarikannya pada  pendidikan membuat Kaoru Ishikawa memasuki dunia akademis sebagai asisten profesor  di Universitas Tokyo. Karir akademisnya akhirnya mengarah ke  Musashi Institute of Technology pada tahun 1978.

Ishikawa menjadi dosen tetap di Universitas Tokyo pada tahun 1960 dan memperkenalkan konsep lingkaran kualitas bekerja sama dengan Federasi Sains dan Teknologi Jepang (1962). Konsep ini lahir dari percobaan untuk mempelajari dampak "mentor" di tempat terhadap kualitas. Banyak perusahaan yang diundang untuk mencoba lingkaran kualitas ini, namun hanya satu yang diterima. Faktanya, konsep lingkaran kualitas segera menjadi sangat populer dan membentuk hubungan penting dengan sistem manajemen kualitas total.

Kaoru Ishikawa sangat mementingkan paradigma dan cara berpikir orang di tempat kerja. Ia ingin mengubah pemikiran tradisional yang sudah ketinggalan zaman. Dorong manajer untuk mencapai puncak hanya untuk meningkatkan kualitas produk dan hanya itu. Menurutnya, peningkatan kualitas merupakan langkah yang berkesinambungan dan harus dilakukan secara berkesinambungan.

Idenya tentang pengendalian kualitas di seluruh  perusahaan diwujudkan dalam kebijakan layanan pelanggan yang berkelanjutan. Kebijakan ini menguntungkan pelanggan dengan tidak menghentikan layanan setelah menerima produk. Pelayanan ini terus diberikan pada semua tingkatan manajemen dan bahkan dalam kehidupan pribadi semua yang terlibat. Menurut Ishikawa, peningkatan kualitas merupakan proses yang berkesinambungan dan harus dilakukan terus-menerus untuk memeriksa kemajuannya.

Kaoru Ishikawa adalah pencetus diagram tulang ikan atau dikenal juga dengan diagram Ishikawa. Diagram ini menjelaskan penyebab peristiwa tertentu dan pertama kali dikembangkan pada tahun 1968. Fungsinya  untuk mengidentifikasi faktor-faktor potensial yang menimbulkan dampak berupa cacat dan permasalahan lainnya. Setiap penyebab masalah menimbulkan variasi. Penyebab-penyebab ini umumnya terbagi dalam enam kategori: manusia, metodologi, mekanis, material, pengukuran, dan lingkungan.

Konsep dasar diagram tulang ikan sebenarnya pertama kali digunakan pada tahun 1920an dan menjadi salah satu dari tujuh alat dasar pengendalian kualitas. Disebut demikian karena bentuknya yang menyerupai tulang ikan, dan sering digunakan pada tahap desain produk dan untuk mencegah cacat kualitas produk.

Dengan Diagram Tulang Ikan, Ishikawa telah mengambil langkah penting dan konkrit dalam bidang peningkatan kualitas. Dengan menggunakan diagram di atas, pengguna dapat mengidentifikasi semua kemungkinan penyebab hasil dan, jika mungkin, menemukan sumber masalah yang menyebabkan cacat proses. Diagram ini menunjukkan jalur menuju akar permasalahan dan memberikan solusi untuk meningkatkan kualitas  dari akar hingga ke permukaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun