Media dan kreatif merupakan dua aspek yang sangat penting dalam periklanan. Kedua elemen ini saling melengkapi dan berkontribusi dalam menciptakan kampanye periklanan yang efektif dan menarik bagi target audiens. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai media dan kreatif dalam periklanan.
Media
Media dalam periklanan merujuk pada saluran atau platform yang digunakan untuk menyampaikan pesan iklan kepada target audiens. Media periklanan dapat berupa media cetak seperti surat kabar, majalah, brosur, atau media elektronik seperti televisi, radio, dan media digital seperti situs web, media sosial, atau aplikasi seluler.
Pemilihan media yang tepat sangat penting untuk mencapai target audiens dengan efektif. Setiap media memiliki kelebihan dan kelemahan tertentu serta mempunyai cakupan dan karakteristik yang berbeda-beda. Seorang profesional periklanan perlu memahami audiens target, tujuan kampanye, dan anggaran yang tersedia untuk memilih media yang tepat untuk mencapai sasaran yang diinginkan.
Media sosial merupakan sarana promosi bisnis yang efektif dan efisien. Dengan harga yang relatif rendah, iklan media sosial bisa menjangkau hingga ratusan juta target penonton di berbagai belahan dunia secara bersamaan. Berikut media sosial dengan jangkauan iklannya paling tinggi:
- Youtube
Meski populasi pengguna Youtube lebih sedikit dari Facebook, yakni hanya 2,5 miliar orang, tapi potensi jangkauan iklan Youtube diklaim mencapai 32,4% sehingga iklannya diperkirakan mampu menjangkau 830,1 juta orang.
Menurut Digital 2022 Global Overview Report, sampai Januari 2022 media sosial dengan pengguna terbanyak adalah Facebook, dengan populasi pengguna mencapai 2,9 miliar orang. Namun, Digital 2022 Global Overview Report mencatat bahwa potensi jangkauan iklan Facebook hanya 26,7% dari total populasi penggunanya, sehingga iklan Facebook diperkirakan hanya bisa menjangkau sekitar 776,9 juta orang. Hal itu menjadikan jangkauan iklan Facebook kalah dari Youtube.