Mohon tunggu...
ANDI FIRMANSYAH
ANDI FIRMANSYAH Mohon Tunggu... Guru - Guru yang Belum Tentu Digugu dan Ditiru

Hanya Seorang Marhaen yang menyenangi bidang Geopolitik, Sejarah dan Ekonomi.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pengayaan Budaya dalam Drama Asing

21 Mei 2024   20:53 Diperbarui: 21 Mei 2024   20:54 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Saya percaya bahwa selalu ada sesuatu yang baru dan menarik untuk dipelajari dari apa yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Itu sebabnya ketika saya punya waktu luang, saya suka menonton serial drama asing di platform streaming populer. Ada drama Korea, Jepang, India, Cina, Nigeria atau Turki, baik itu jenis komedi atau sinetron.

Meskipun benar bahwa drama tersebut hanya bersifat hiburan, namun drama asing tersebut dapat memberi Anda kepuasan yang lebih besar, lebih dari sekadar hanya salah satu cara untuk menghabiskan waktu atau santapan rohani semata.

Apa hal penting yang bisa saya ambil dari teledrama ini?

Jika Anda fokus dan memberikan perhatian. Lantas Anda mengetahui apa yang harus dilihat dan dicari, maka menghabiskan dua jam menonton serial drama asing bagi saya merupakan peluang untuk pengayaan budaya. Teledrama asing dapat membantu kita mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang berbagai budaya dan masyarakat yang berbeda dari kita.

Ada yang berkata: "Tidak ada sesuatu pun yang berarti jika Anda tidak mengetahuinya terlebih dahulu." Hal ini juga berkaitan dengan bangsa lain dan cara hidup, nilai-nilai, kepercayaan dan adat istiadat mereka. Meskipun kita sering berpikir bahwa kita adalah manusia kosmopolitan dan berpikiran moderen, saya khawatir sebagian besar dari kita memiliki pengetahuan dan persepsi yang dangkal atau lebih buruk lagi, malah bias terhadap budaya lain. Secara pribadi, saya mendapatkan sebagian besar pengetahuan saya dari buku, majalah, pertemuan kebetulan dengan warga negara asing dan dari apa yang diceritakan oleh teman dan kerabat migran kepada saya.

Berbeda jika pengalaman Anda terhadap budaya lain sangat mendalam. Apresiasi dan pemahaman terhadap suatu budaya asing semakin mendalam ketika Anda berkunjung, bekerja atau tinggal di negara tersebut. Tentu saja semakin lama paparannya, semakin baik apresiasi dan pemahamannya.

Karena tidak semua orang mempunyai kesempatan untuk melakukan itu, hal terbaik bagi saya adalah menonton teledrama mereka. Ini adalah pengayaan budaya virtual melalui drama hiburan populer.

Menonton serial drama luar negeri seperti dibawa ke negara tersebut. Hal yang saya sukai dari drama adalah drama sering dibiarkan berkembang secara alami dengan kecepatan yang lambat dibandingkan film yang biasanya harus berakhir dalam dua jam atau lebih. Sehingga tidak ada penekanan yang  terburu-buru pada pengembangan karakter. Fokus tunggal hanya mendorong pemirsa untuk memperhatikan nuansa perilaku.

Sungguh mengasyikkan menyaksikan aktor-aktor berpengalaman berusaha menghidupkan karakter mereka di depan mata kita. Memberi kita banyak waktu untuk menempatkan diri kita di dalam cerita. Inilah sebabnya saya menghindari drama asing yang di-dubbing. Saya suka mendengar aktor berbicara dalam bahasa mereka sendiri. Saya sudah terbiasa membaca subtitle.

Setiap kali saya menontonnya, saya menahan diri untuk tidak membuat asumsi dan penilaian yang tidak berdasar atas bias budaya atau ketidaktahuan.

Yang terpenting, dramanya bersifat mendidik. Baik itu tempat kejadiannya, apa yang dikenakan dan dimakan oleh para karakter, cara mereka berbicara satu sama lain, cara mereka berhubungan dengan orang yang lebih tua atau atasan dan sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun