Mohon tunggu...
Andi Febriansyah
Andi Febriansyah Mohon Tunggu... Guru - guru/pendidik

pendidik lepas

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pebandingan Anak Muda Indonesia dengan Gibran dan Kaesang

26 September 2024   07:12 Diperbarui: 26 September 2024   07:12 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Perbandingan antara anak muda umum dan tokoh publik seperti Gibran dan Kaesang mencerminkan jurang sosial yang signifikan di antara dua realitas tersebut. Meskipun Gibran dan Kaesang mungkin mewakili potret sebagian kecil anak muda Indonesia atau mungkin hanya pendukungnya saja, sangat penting untuk menyadari bahwa kebanyakan anak muda menghadapi kondisi kehidupan yang sangat berbeda. Gibran dan Kaesang dikenal sebagai sosok yang tumbuh dalam lingkungan yang penuh privilege, dengan akses mudah ke pendidikan, ekonomi yang mapan, dan jaringan sosial yang luas. Sebaliknya, anak muda umum seringkali dihadapkan pada tantangan ekonomi yang besar, akses pendidikan yang terbatas, dan peluang karir yang tidak selalu setara. Perbedaan kondisi ekonomi, pendidikan, dan akses kesempatan antara anak muda umum dan tokoh publik seperti Gibran dan Kaesang mencerminkan jurang sosial yang signifikan.

Perbedaan Nasib dan Aspek

Berikut adalah gambaran perbedaan antara keduanya:

A. Kondisi Ekonomi:

Anak Muda Umum: Banyak anak muda umum berasal dari lapisan masyarakat menengah ke bawah atau bahkan dari keluarga dengan kondisi ekonomi rendah. Mereka mungkin mengalami kesulitan ekonomi, terbatasnya akses terhadap sumber daya finansial, dan harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tokoh Publik (Gibran dan Kaesang): Sebagai tokoh publik, Gibran dan Kaesang memiliki keuntungan finansial yang besar. Mereka tumbuh dalam keluarga yang mapan secara ekonomi dan memiliki akses ke peluang bisnis dan investasi.

B. Pendidikan:

Anak Muda Umum:  Akses terhadap pendidikan yang berkualitas mungkin menjadi tantangan bagi anak muda umum. Beberapa mungkin harus mengatasi keterbatasan sumber daya dan dukungan pendidikan.

Tokoh Publik (Gibran dan Kaesang): Gibran dan Kaesang cenderung mendapatkan pendidikan yang lebih baik dengan akses mudah ke institusi pendidikan bergengsi. Mereka dapat mengambil keuntungan dari peluang pendidikan yang luas dan mendapatkan dukungan finansial untuk melanjutkan studi.

C. Akses Kesempatan:

Anak Muda Umum: Kesempatan pekerjaan dan pengembangan karir bagi anak muda umum mungkin terbatas. Persaingan yang ketat dan ketidaksetaraan akses dapat menjadi hambatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun