Evaluasi pembelajaran di sekolah biasanya di lakukan 2 kali dalam setahun dan biasanya dilakukan pada akhir semester, yaitu akhir semester 1 dan semester 2, dengan ini guru mengetahui apakah pelajaran yang diberikan pada murid di terima dengan baik atau tidak, dengan nilai yang di hasilkan oleh para murid mencapai pada nilai pencapaian pendidikan atau tidak, dengan begini guru dapat mengevaluasi pembelajaran yang di berikan di terima dengan baik dengan siswa atau tidak, jika nilai yang telah mencapai kapasitas maka pembelajaran yang di berikan telah "berhasil" namun apabila nilai yang di hasilkan murid maka pembelajaran yang di lakukan kurang dari kata "berhasil" maka dari sinilah guru dapat mengevaluasi dirinya sendiri, apakah pengajaran yang di berikan telah baik? Apakah metode yang di berikan telah benar? Dan apakah strategi yang di gunakan telah benar, dengan begini guru dapat mengevaluasi dirinya sendiri
       Bukan hanya guru yang melakukan evaluasi namun juga ada jenis-jenis di dalamnya, jenis-jenis evaluasi yaitu :
- Evaluasi peserta didik
Untuk mengadakan evaluasi pembelajaran bimbingan dan konseling terhadap program bimbingan konseling di sekolah, maka memahami tingkah laku dan sifat peserta didik itu
Adapun data-data yang di ambil dari peserta didik meliputi : (1) kemampuan sekolastik umum, (2) bakat, (3) minat, (4) kepribadian, (5) prestasi belajar, (6) riwayat kependidikan, (7) riwayat hidup, (8) cita-cita pendidikan atau jabatan, (9) hobi dan penggunaan waktu luang, (10) kebiasaan belajar, (11) hubungan sosial, (12) keadaan fisik dan kesehatan, (13) kesulitan-kesuliitan yang dihadapi dan (14) minat terhadap mata pelajaran disekolah.
- Evaluasi program
Evaluasi pemrograman di lakukan agar meningkatnya kualitas bimbingan dan konseling dalam hal pembelajaran di sekolah maka dalam pemrograman ini meliputi layanan-layanan, yaitu : (1) layanan kepada peserta didik, (2) layanan kepada guru, (3) layanan kepada sekolah, (4) layanan kepada orang tua siswa atau masyarakat
- Evaluasi proses
Evaluasi proses ini dilakukan agar program pembelajaran bimbingan dan konseling berjalan dengan lancar maka di adakanlah evaluasi prooses ini yang memastikan agar berjalannya program pembelajaran. Faktor-faktor yang perlu dievaluasi :
1) Organisasi dan administrasi program bimbingan dan konseling.
2) Petugas pelaksana atau personel (tenaga professional dan non profesional).
3) Fasilitas dan perlengkapan
- Evaluasi hasil
Jenis evaluasi akhir ini adalah tahap akhirnya yang mana kita melihat aspek program dan aspek proses yang telah terpenuhi maka dari sinilah kita mendapatkan sebuah hasil dengan hasil inilah kita mengetahui kinerja yang di lakukan selama proses pembelajaran.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H