Mohon tunggu...
ANDI SRI BINTANG
ANDI SRI BINTANG Mohon Tunggu... Wiraswasta - alumni mahasiswa double degree Brawijaya ekonomi pertanian dan Pingtung university science and technology Taiwan

Membaca dan menulis adalah hobi saya banyak tulisan-tulisan ilmiah yang saya buat pada saat kuliah akan tetapi setelah lulus kuliah saya jarang menulis oleh karena itu media ini untuk mengasah lagi tulisan-tulisan saya agar TERASAH

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tren Usaha dengan Metode Online

15 Januari 2021   07:53 Diperbarui: 15 Januari 2021   07:56 180
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Usaha pada zaman sekarang mulai ramai di perbincangkan banyak orang saat ini yang mempunyai usaha untuk kebutuhan tambahan mungkin beberapa masyarakat beranggapan usaha atau jualan merupakan lifestyle mereka untuk mendapatkan uang tambahan. Di era sekarang usaha banyak inovasinya semua masyarakat menjual semua aspek mulai dari barang dan jasa contoh  usaha makanan sekarang banyak menjamur usaha makanan seperti  makanan korea India makan instan dan berbagai camilan beranek ragam.

Memulai usaha sekarang juga menjadi mudah meski memiliki modal yang sedikit seperti menjadi dropship jualan pulsa atau hanya menjadi makelar sekarangmasyarakat bisa melakukannya. Usaha sekarang juga banyak perkembangan pesat dari dulu masyarakat yang banyak bekerja di sektor menjadi pegawai menjadi pengusaha. Membuktikan masyarakat sadar bahwa Usaha memang menguntungan dan serta merta membantu perekonomian Indonesia dengan di galangan seribu UMKM. Dengan banyaknya Pengusaha kecil seperti UMKM masyarakat juga di harapkan untuk lebih menyukai merek- merek asli produk kita sendiri khususnya produk UMKM dari pada kita membeli produk terkenal dari luar negeri.Produk masyarakat sekarang dan inovasinya tidak kalah dengan produk luar negeri.

Melihat pemaparan diatas masalah selanjutnya adalah tentang pemasaran produk di zaman sekarang pada pemasaran sudah merupakan hal yang sangat penting untuk bisa menjual produknya. Seberpa produk terkenal di masyarakat harus sebanding dengan seberapa banyak pemasarannya. Zaman era sekarang yang berbasis teknologi memudahkan kita untuk memasarkan produk khsusunya sekarang online. Pda tahun 90 an pemasaran produk mengandalkan offline  seperti memasang banner di pohon atau pemasarana tetes minyak yaitu pemasaran dari mulut ke mulut. Pada saat ini pemasaran hanya bermodalkan online kita bisa memasarakan produk kita yang bisa di jangka hingga seluruh Indonesia bahkan di dunia. Bukan hanya di pasarakan sekarang kita juga bisa jualan langsung di online banyak sekarang penyedia aplikasi online biasa di sebut e-commerce yang menawarkan banyak fitur- fiur jualan dan sekaligus di tunjang dengan ekspedisinya.

Penjualan online sekarang menjadi gaya hidup masyarakat banyak ekpedisi yang ramai oleh produk-produk masyarakat yang  menjualnya secara online. Oleh karena itu pada zaman sekaranag fenomena belanja dan menjual produk di online merupakan gaya hidup baru masyarakat dengan kemajuan teknologi. Pada artikel selanjutnya saya akan membahas kelemahan dan suka duka menjual dan membeli secara online karena niscaya semua kemudahan pasti ada juga kesusahanya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun