Halo! perkenalkan nama saya Noer Achmad Syahid Haq, saya kuliah di Universitas Swasta Yogyakarta, yaitu Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Fakultas Sastra Budaya dan Komunikasi dengan prodi Ilmu Komunikasi.
Saya akan menceritakan pengalaman selama membuat dan mengevaluasi kontent. Content creator merupakan kegiatan dalam menyebarkan informasi yang ditransformasikan ke dalam sebuah gambar, video dan tulisan atau disebut sebagai sebuah konten, yang kemudian konten tersebut disebarkan melalui platform dan salah satunya adalah media sosial Instagram. Seiring berjalannya waktu, kini content creator perlu memiliki keahlian khusus. Terlebih lagi, kini para pengguna Instagram sudah menjadikan Instagram sebagai ladang berbinis, pembentukan product branding, personal branding dan corporate branding.
Tugas dari content creator sendiri mengumpulkan ide, data, dan melakukan riset serta membuat konsep untuk menghasilkan suatu konten, menghasilkan konten yang sesuai dengan identitas dan berusaha memenuhi tujuan yang disepakati dari sebuah konten. Misalnya, tujuan promosi, edukasi, menghibur atau memberi informasi. Kemudian menyesuaikan konten yang dipilih. Misalnya, tujuan promosi, edukasi, menghibur atau memberi informasi. Kemudian menyesuaikan konten dengan platform yang dipilih. Dalam hal ini, seorang content creator bisa menghasilkan karya. Dan mengevaluasi konten yang telah ditayangkan. Pengalaman yang ada dari realitas content creator di media sosial instagram dan bagaimana mereka membentuk corporate branding lewat konten yang mereka suguhkan.
Media sosial menawarkan satu jalan untuk saling bergantung, menciptakan ikatan diantara orang-orang yang ada di dalamnya melalui teknologi digital, kecepatan komunikasi dalam membangun pemahaman bersama untuk melakukan tindakan kolektif. Media sosial juga memiliki keunggulan dalam hal menjangkau dan dalam mempengaruhi khalayaknya. Pada era digital ini banyak dikenal dengan berbagai media sosial yaitu salah satunya media sosial Instagram. Â
Instagram adalah media sosial yang paling banyak diminati oleh kaum muda. Instagram dapat menghubungkan dunia fisik dan dunia digital, meningkatkan kehadiran dan pengenalan identitas secara online dan memungkinkan interaksi yang lebih efektif tidak hanya untuk pribadi, tetapi juga untuk tujuan yang lainnya.Â
Pengguna Instagram banyak di dominasi oleh kaum muda dan menarik lebih banyak komunitas yang berbeda daripada sosial media lainnya. komunikasi dalam Instagram telah mengalami pertumbuhan yang signifikan. Instagram sebagai alat media sosial yang menarik audien melalui konten yang diunggah. Maka tak heran, kini banyak sekali yang menjadikan Instagram sebagai salah satu media sosial yang efektif untuk berkomunikasi dengan audien.
Namun, untuk bisa menarik perhatian pengguna Instagram diperlukan konten yang menarik untuk dilihat, dibaca, dan juga untuk diikuti oleh para penggunanya. Maka dari itu, dibutuhkan orang yang ahli dalam pembuatan kontennya. Orang yang paham betul mengenai karakteristik media sosial, trend design, dan keahlian untuk membuat topik dalam pembuatan kontennya.Â
Kini terdapat sebuah istilah content creator yaitu orang yang paham mengenai pembentukan konten yang ideal di media sosial. Berbagai strategi dapat dilakukan oleh seorang content creator untuk menarik para followers. Content creator memegang peran yang begitu penting dalam menarik followers. Semakin menarik konten yang dibuat semakin banyak pula orang-orang yang ingin mengikutinya.
Untuk menjadi seorang content creator itu tidak mudah, ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu:
1. Seorang content creator harus memilih konten yang sesuai dengan passion karena apapun yang dilakukan dengan passion akan menghasilkan sebuah karya yang bisa menginspirasi banyak orang.
2. Content creator memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, seorang content creator dituntut untuk memiliki karya yang original. Intinya harus menjadi diri sendiri saat berkarya, karena hal tersebut unik dan menarik. Carilah hal-hal unik yang tidak dimiliki oleh content creator lainnya.
3. Menjadi seorang content creator dituntut untuk selalu update dengan perkembangan trend terkini.
4. Seorang content creator dituntut untuk selalu bisa multi-tasking dalam berbagai hal. Mulai dari hard skill dan juga soft skill. Banyak hal yang perlu dipelajari, mulai dari belajar menulis wording yang readable, belajar edit video yang menarik, belajar dipotret, mengatur feed Instagram, dan masih banyak yang lainnya.
5. Tantangan terberat bagi seorang content creator yaitu bisa selalu konsisten dalam berkarya.
Namun di sisi lain, harus disadari semakin banyaknya seorang content creator sehingga semakin banyaknya pula tantangan yang dihadapi seorang content creator. Maka dari itulah muncul berbagai gap akibat berbagai tantangan yang dihadapi seorang content creator. Seorang content creator dituntut memiliki pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dalam metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visualnya.Â