Anastasya Priskila Elisabeth Thenu (1111900179)
Administrasi Publik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
tasyathenu2021@gmail.com
Abstrak
Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administrasi yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Â Salah satu bentuk pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah adalah di bidang administrasi kependudukan.Â
Dinas  Kependudukan  dan Pencatatan  Sipil  Kota  Surabaya  merupakan  salah  satu  instansi  yang  menyelenggarakan pelayanan di bidang administrasi kependudukan. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala, oleh karena itu Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membuat inovasi, yaitu E-Lampid.Â
E-Lampid merupakan layanan online untuk pengurusan akta kelahiran, akta kematian, pindah datang dan pindah keluar bagi WNI, serta akta perkawinan dan akta perceraian bagi masyarakat non-muslim. Â
Selanjutnya E-Lampid disebar hingga tingkat Kelurahan di Kota Surabaya untuk memudahkan masyarakat, salah satunya adalah di Kelurahan Baratajaya Kota Surabaya. Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah  penelitian  deskriptif  dengan  menggunakan pendekatan  kualititatif  untuk  menentukan  cara  mencari,  mengumpulkan,  mengolah,  dan menganalisis  data  hasil  dari  penelitian.
Kata Kunci: pelayanan publik, e-lampid, akta kelahiran
PENDAHULUANÂ
Menurut Sinambela dalam (Hiplunudin, 2017), mengatakan bahwa pada dasarnya setiap manusia membutuhkan pelayanan, bahkan secara ekstrim dapat dikatakan bahwa pelayanan tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia. Dimana pelayanan begitu akrab dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.Â