World Travel Market yang berpusat di London, Inggris sejak tahun 2011 memasukkan Indonesia ke dalam kelompok negara yang mempunyai potensi besar untuk berkembang dalam industri pariwisata. Kekayaan alam dan budaya, populasi yang besar dan masih bertumbuh serta besarnya pendapatan merupakan faktor utama pendukung industri pariwisata di Indonesia untuk tumbuh dan berkembang. Masih mengutip data dari World Travel Market, pada tahun 2012 di kawasan Asia Pasifik, online travel bertumbuh hingga 19%. Sedangkan secara global pasar online travel pada tahun 2102 bertumbuh 8.4% atau menguasai 25% dari industri pariwisata. Hal ini menjadikan posisi Indonesia.travel sebagai gerbang resmi pariwisata Indonesia di dunia maya menjadi sangat penting. Posisi Indonesia Pada tahun 2012, Indonesia di kunjungi oleh 8, 8,044,462 wisatawan asing. Indonesia menduduki peringkat ke 4 di antara Negara-negara ASEAN. Posisi puncak di pegang oleh Malaysia dengan 25,032,708 wisatawan asing. [caption id="attachment_318513" align="aligncenter" width="300" caption="Jumlah Kunjungan Wisatawan Asing 2012"][/caption]
Berdasar data kunjungan wisatawan asing tersebut maka saya akan membandingkan portal Indonesia Travel dengan portal pariwisata resmi dari Malaysia, Thailand, dan Singapura. Tampilan Depan Cinta pada pandangan pertama menggambarkan bahwa kesan pertama sangatlah penting, bagaimana kesan pertama untuk portal Indonesia.travel? [caption id="attachment_318514" align="aligncenter" width="300" caption="Halaman Depan Indonesia.Travel"]
[/caption] Kesan pertama saya adalah Indonesia travel mempunyai halaman depan yang sangat berwarna, terlalu berwarna menurut saya. Bahasa utama yang di gunakan oleh Indonesia.travel adalah bahasa Inggris, dan menu untuk mengganti bahasa juga letaknya tersembunyi dengan warna hitam yang tidak terlihat. Sebagai perbandingan portal pariwisata Singapura, pengunjung langsung di beri kesempatan untuk memilih bahasa yang sesuai dengan preferensinya dengan kemunculan
pop-up. [caption id="attachment_318515" align="aligncenter" width="300" caption="Tampilan Depan Webiste Pariwisata Malaysia"]
[/caption] Juara untuk tampilan depan adalah portal pariwisata Malaysia, di mana tampilan bahasa akan langsung berubah secara otomatis berdasar dengan
IP Address pengunjungnya.
Saran: Sebaiknya tampilan depan di buat lebih minimalis dan menu penggantian bahasa yang lebih mudah di cari, atau secara otomatis berganti mengikuti
IP Address pengunjung. Perlu juga untuk di tambahkan dengan versi bahasa Rusia.
Kecepatan akses Sebagai pengguna internet ketika mencari sebuah informasi maka kecepatan akses sebuah portal adalah salah satu faktor penentu apakah saya akan terus mengakses portal tersebut atau saya akan mencari portal lain. Untuk pengukuran kecepatan akses saya menggunakan gtmetrix.com dengan parameter Sydney sebagai lokasi test karena menurut laporan Visa dalam
Global Travel Intentions Study 2013, 20% wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia berasal dari Australia. Browser Firefox [caption id="attachment_318516" align="aligncenter" width="300" caption="Hasil Test Dengan Firefox"]
[/caption] Browser Chrome [caption id="attachment_318517" align="aligncenter" width="300" caption="Hasil Test Dengan Browser Chrome"]
[/caption] Dari dua test di atas bahwa kecepatan akses dari portal Indonesia.travel masih kurang cepat dan perlu banyak perbaikan.
Saran: [caption id="attachment_318518" align="aligncenter" width="300" caption="Rekomendasi Perbaikan"]
[/caption] Berdasar saran dari gtmetrix.com yang perlu di perbaiki adalah optimasi gambar dan
leverage browser caching. Forum sebagai pelengkap website Indonesia.travel perlu untuk di ramaikan kembali, keberadaan forum sebagai
user generated content akan membuat informasi yang terdapat di Indonesia.travel lebih
up to date.
Akses Dari Perangkat Bergerak Mengutip data dari mashable.com, pada bulan Juli 2013 17% pengakses internet berasal dari perangkat bergerak. Atau bertambah 6% dari tahun sebelumnya. Hal ini menjadikan portal yang
mobile friendly menjadi sangat penting. [caption id="attachment_318519" align="aligncenter" width="300" caption="Peningkatan Akses Dari Perangkat Bergerak"]
[/caption] Untuk mengukur dan membandingkan kecepatan akses Indonesia.travel saya juga menggunakan situs gtmetrix.com [caption id="attachment_318520" align="aligncenter" width="300" caption="Hasil Mobile Test"]
[/caption] Dari data pengukuran di atas Indonesia.Travel mencatat skor terendah, jelas terlihat bahwa untuk akses dari perangkat bergerak portal Indonesia.travel masih memerlukan banyak perbaikan. Satu hal yang patut di apresiasi adalah sudah tersedianya aplikasi
mobile untuk Indonesia.travel.
Saran: [caption id="attachment_318522" align="aligncenter" width="300" caption="Saran Perbaikan"]
[/caption] Selain itu menurut saya perlu untuk membuat portal versi
mobile dari Indonesia.travel dan mempromosikan aplikasi
mobile agar lebih banyak di unduh oleh pengguna ponsel pintar.
Sosial Media Mengutip data dari stikkymedia.com, 92% konsumen mempercayai informasi yang mereka peroleh dari rekomendasi teman, dan keluarga di bandingkan informasi yang mereka peroleh dari iklan berbayar di televisi, majalah. Sosial
media merupakan saluran yang tepat untuk membangun
word of mouth marketing. Saluran sosial media yang dimiliki oleh Indonesia.travel sudah lengkap, terlengkap di antara negara-negara tetangga. Dalam pembahasan sosial media ini saya hanya akan membahas 2 sosial media yang popular, facebook dan twitter.
Facebook Dalam facebok fitur yang penting untuk diperhatikan selain banyaknya
Likes adalah
People Talking About This yang mengukur interaksi antara
facebook fanpage dengan pengguna facebook dalam jangka waktu 1 minggu terakhir. [caption id="attachment_318523" align="aligncenter" width="300" caption="Statistik Fanpage Indonesia Travel"]
[/caption]
Like untuk Indonesia travel adalah 96,656
Likes, dengan
most popular city (Kota dimana sebuah
fanspage paling banyak di bicarakan) adalah kota Jakarta dan rentang usia18-24 tahun, rentang usia termuda di banding dengan
fanspage negeri tetangga yang semua berada di rentang usia 25-34 tahun. Fanspage Indonesia.travel hanya mencatatkan angka 506 untuk
people talking about this, atau hanya 0.52% jika di bandingkan dengan jumlah
likes yang dimiliki. [caption id="attachment_318525" align="aligncenter" width="300" caption="Peringkat People Talking About This"]
[/caption] Posisi terendah untuk yang di dapat Indonesia.travel untuk
people talking about this berarti interaksi yang terjadi antara Indonesia.travel dengan
fans di facebook masih sangat kurang. [caption id="attachment_318545" align="aligncenter" width="300" caption="Statistik Fanpage Singapura"]
[/caption] Fakta yang cukup menarik adalah di
fanspage Singapura, yang mendapat gelar
The most popular city adalah Jakarta Untuk analisa yang lebih mendalam saya menggunakan twtrland.com [caption id="attachment_318527" align="aligncenter" width="300" caption="Statistik Facebook Fanpage Indonesia Travel"]
[/caption] Rata-Rata Jumlah
Post Perminggu [caption id="attachment_318528" align="aligncenter" width="300" caption="Rata-rata Posting Perminggu"]
[/caption] Indonesia.travel cukup aktif dengan 3
post perminggu. Rata-Rata
Likes Per
Post [caption id="attachment_318529" align="aligncenter" width="300" caption="Rata-Rata Likes Perpost"]
[/caption] Rata-rata Komentar Per
Post [caption id="attachment_318530" align="aligncenter" width="300" caption="Rata-rata Komentar Per Post"]
[/caption] Dari rata-rata
Likes dan Komentar per
posting terlihat bahwa Indonesia.travel masih kurang interaksinya dengan
fans di facebook. Demografis [caption id="attachment_318534" align="aligncenter" width="300" caption="Demografis Facebook Fanpage Indonesia Travel"]
[/caption]
Fanpage Indonesia 88.9 % berasal dari Indonesia, hal ini menunjukkan bahwa belum berhasil menjaring pengguna facebook dari luar negeri untuk menjadi
fans. [caption id="attachment_318533" align="aligncenter" width="300" caption="Demografis Fanpage Negara Tetangga"]
[/caption] Fakta yang menarik dari data demografis
fanpage dari Singapura, Thailand dan Malaysia adalah Indonesia masuk sebagai 5 besar
likes terbanyak.
Saran: Meningkatkan interaksi antara Indonesia.travel dengan
fans di facebook dan memperbanyak jumlah
fans dari luar Indonesia.
Twitter Follower [caption id="attachment_318535" align="aligncenter" width="300" caption="Twitter Follower"]
[/caption] Indonesia menempati urutan kedua untuk jumlah
followers. Rata-rata
Tweet per Hari [caption id="attachment_318537" align="aligncenter" width="300" caption="Rata-rata Tweet per Hari"]
[/caption] Dengan rata-rata 9
tweet perhari maka @indtravel cukup aktif dalam berkicau di Twitter. Rata-rata
ReTweet per 100
Tweet Ini mengukur kemampuan @indtravel dalam menyebarkan sebuah informasi dengan
viral. [caption id="attachment_318540" align="aligncenter" width="300" caption="Rata-rata ReTweet per 100 Tweet"]
[/caption] Rata-rata
Replies per 100
Tweet Mengukur kemampuan @indtravel dalam membangun sebuah percakapan. [caption id="attachment_318541" align="aligncenter" width="300" caption="Rata-rata Replies per 100 Tweet"]
[/caption] Demografis [caption id="attachment_318542" align="aligncenter" width="300" caption="Demografis Follower @indtravel"]
[/caption] Akun @indtravel mempunyai 87.4%
followers yang berasal dari Indonesia, dengan 60%
follower perempuan. [caption id="attachment_318543" align="aligncenter" width="300" caption="Demografis Followers Twitter Negara Tetangga"]
[/caption] Data yang menarik adalah bahwa dari akun twitter Singapura, Indonesia tercatat sebagai
follower kedua terbanyak dengan kota Jakarta sebagai kota terbanyak yang
follow akun twitter Singapura.
Saran Akun @indtravel sudah cukup baik dalam membangun percakapan dan menyebarkan informasi di twitter hanya perlu menambah jumlah
follower dari luar negeri untuk lebih mempromosikan keindahan Indonesia ke wisatawan asing. Catatan: Klik di bagian gambar untuk memperbesar ukurannya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H
Lihat Inovasi Selengkapnya