Mohon tunggu...
Anang Susilowanto
Anang Susilowanto Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelas UPTD SDN Ketapang Barat 5

Membaca dan mencoba hal baru adalah hal yang mengasyikkan

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Dinda

14 Mei 2023   06:39 Diperbarui: 14 Mei 2023   06:41 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

"Bawa aku lari pak...." Kata itu meluncur begitu saja dari Dinda, salah seorang muridku. Terbayang apa kata istriku yang juga gurunya, apa kata orang tuaku dan  juga mertuaku yang  juga tinggal di rumahku. Pokoknya campur aduk.

Kaget? Tentu saja. Tetapi sebagai guru BK yang sudah 10 tahun menangani (bukan menyentuhnya ya) murid dengan segala permasalahannya harus menunjukkan  ekspresi  yang wajar dan menunjukkan sikap empati akan permasalahan yang akan diceritakannya.

Setelah panjang lebar Dinda bercerita sambil sesekali mengusap matanya yang basah, diketahui bahwa keinginannya untuk lari dikarenakan ketidaksiapannya untuk menikah.

Dinda ingin meraih cita-citanya terlebih dahulu sebelum menikah. Dinda berkeinginan untuk menjadi dokter atau tenaga kesehatan. Tetapi sang tunangan  ngebet untuk sesegera mungkin untuk menikah, walaupun Dinda masih kelas VII SMP. Bahkan pernikahannya direncanakan setelah Hari Raya Idul Adha yang tinggal menghitung  hari (kata Kris Dayanti).

Tentu saja serba sulit bagi seorang guru seperti saya. Di tengah masyarakat yang masih berpikir tradisional, dalam  hal ini perkawinan dini, sangatlah sulit bagi seorang anak perempuan untuk dapat menggapai cita-citanya. Ditambah lagi tokoh masyarakat yang seolah melegalkan trradisi tersebut serta dogma agama yang kurang dipahami secara komprehensif.

Tentu saya tidak tinggal diam, saya panggil keduanya yang kebetulan sesama warga sekolah ini. Saya coba beri pengertian dan memberi contoh teman saya sendiri. Sekedar diketahui bahwa perkawinan muda di daerah ini sudah mendarah daging. Teman saya sendiri pun ada yang berhasil merayu orang tua sehingga berhasil meraih cita-citanya. Adapula yang menurut sama perintah orang tua atas nama berbakti pada orang tua. Ada yang happy ending ada juga yang bad ending. Tentu saja yang saya ceritakan  adalah kisah teman yang dulu dilamar pada waktu SMP dan menikah setelah wisuda sarjana.

Tetapi seolah cerita panjang lebar yang saya sampaikan. Pihak laki-laki  tetap keukeuh untuk melanjutkan niatnya. Sedangkan dari Dinda sendiri sudah bisa sedikit tersenyum.

Ya sudahlah, apalah arti seorang guru BK, bukan Tuhan yang langsung  bisa membalikkan keadaan. Saya hanya bisa mendoakanmu semoga masa depanmu cerah dan tercerahkan. Amin ..........

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun