Mohon tunggu...
Ananda Reneisha
Ananda Reneisha Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa program studi akuntansi Universitas Pamulang

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mendefinisikan Kinerja Terbaik PT Astra Internasinal dengan Benchmarking

2 Mei 2024   19:45 Diperbarui: 2 Mei 2024   19:49 268
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PT Astra Internasional Tbk merupakan perusahaan multinasional diversifikasi yang didirikan pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk , dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII. Hingga saat ini memiliki beberapa lini bisnis yang terdiri di bidang otomotif, jasa keuangan, alat berat, pertambangan, konstruksi dan energi, agribisnis, infrastruktur dan logistic, teknologi informasi, dan properti.

Astra dikenal karena inovasi, kualitas layanan, dan kemitraan strategisnya. Perusahaan terus melakukan investasi dalam penelitian dan pengembangan serta menjaga standar yang tinggi dalam semua aspek operasionalnya.

PT Astra Internasional memiliki Visi menjadi salah satu perusahaan dengan pengelolaan terbaik di Asia Pasifik dengan penekanan pada pertumbuhan yang berkelanjutan dengan pembangunan kompetensi melalui pengembangan sumber daya manusia, struktur keuangan yang solid, kepuasan pelanggan dan efesiensi.

Dengan visi yang dimiliki PT Astra Internasional maka Astra menggunakan Benchmarking dalam mencapai tujuan perusahaan. Menurut Oxford Dictionary, benchmarking adalah sesuatu yang dapat diukur dan digunakan, sebagai standar yang bisa dibandingkan dengan hal-hal lain. Sebagai perusahaan yang memiliki ambisi besar dan fokus pada pengembangan, Astra secara rutin melakukan perbandingan terhadap pesaing serta perusahaan terkemuka lainnya di industri-industri yang menjadi fokusnya. Melalui proses benchmarking ini, Astra dapat mengenali praktik-praktik terbaik, memahami perkembangan industri, dan meningkatkan kinerja operasionalnya.

Dengan melalui proses benchmarking, Astra mampu menemukan potensi-potensi untuk meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan mutu produk dan layanan, serta mengembangkan pangsa pasar. Dengan begitu, benchmarking menjadi salah satu instrumen utama dalam strategi Astra untuk mempertahankan posisinya sebagai pemimpin di pasar yang penuh dengan persaingan.

PT Astra Internasional Tbk adalah contoh suksesnya sebuah perusahaan dalam mencapai visi yang telah ditetapkan karena mampu mengembangkan diri serta mempertahankan posisinya. Dengan mengelola serta mengalokasikan Sumber Daya yang dimiliki dengan tepat ke berbagai lini sehingga Astra bisa sampai saat ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun