Mohon tunggu...
Ananda Putri
Ananda Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/wakil Ketua HMJ Tadris Matematika/IAIN Ponorogo

Suka melamun

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ketidaksetaraan Akses terhadap Pendidikan Berkualitas: Dampaknya terhadap Psikologi Pendidikan

25 Maret 2024   03:37 Diperbarui: 25 Maret 2024   03:39 1603
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan adalah salah satu faktor penting dalam pembangunan suatu negara. Namun akses terhadap pendidikan berkualitas seringkali tidak merata diberbagai wilayah. Ketidak setaraan ini dapat mempengaruhi psikologi pendidikan siswa. 

Pendidikan yang berkualitas merupakan hak asasi setiap orang, namun itulah kenyataannya terjadi di masyarakat dan seringkali menunjukkan akses yang tidak Setara Pendidikan bagi kelompok sosial tertentu. Ketimpangan ini bisa disebabkan oleh tergantung pada berbagai faktor seperti ekonomi, geografis, sosial dan budaya. Masalah Ketimpangan akses terhadap pendidikan berkualitas ini mempunyai lebih dari sekedar dampak pada aspek sosial dan ekonomi, namun juga mempunyai implikasi yang signifikan psikologi pendidikan individu.

Hal ini dapat menimbulkan kesenjangan dalam akses terhadap pendidikan Berkualitas Ketimpangan dalam perkembangan psikologis pendidikan individu. Orang yang tidak melakukan hal itu mempunyai akses yang sama terhadap pendidikan berkualitas orang merasa rendah diri, kurang percaya diri dan kurang motivasi belajar. Bahan Hal ini dapat menghambat perkembangan kognitif, emosional, dan sosial seseorang.

Dampak dari ketimpangan akses terhadap pendidikan berkualitas juga terlihat dalam bentuk stigmatisasi sosial. Orang-orang dari kelompok yang kurang beruntung Akses terhadap pendidikan berkualitas sering kali disertai dengan persetujuan, yang dapat mempengaruhi persepsi diri dan harga diri. Mungkin saat itu menyebabkan ketidakseimbangan mental yang mengganggu proses tersebut Prestasi ilmiah dan akademik.

Diperlukan upaya bersama dari berbagai pemangku kepentingan termasuk pemerintah, lembaga pendidikan,dan masyarakat secara keseluruhan untuk mengatasi kesenjangan akses menuju pendidikan berkualitas. Dengan pendekatan inklusif dan Adil. Kami berharap semua orang bisa mendapatkan manfaat dari kesempatan yang sama menerima pendidikan berkualitas. Upaya ini tidak hanya akan menciptakan tidak hanya akan menciptakan masyarakat yang lebih cerdas dan kompetitif, tetapi juga akan membentuk psikologi pendidikan yang kuat dan positif bagi setiap individu pencipta lingkungan hidup yang mendukung pengembangan potensi manusia secara optimal.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun