Mohon tunggu...
ANANDA CAHYA ADISTI
ANANDA CAHYA ADISTI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Mahasiswi S1 Manajemen Univesitas Muhammadiyah Yogyakarta yang menyukai kegatan diluar kelas terutama organisasi, suka berinteraksi dengan orang dan mampu bekerjasama dalam tim

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Bisnis Digital Membawa Perubahan

14 Juni 2024   19:10 Diperbarui: 14 Juni 2024   19:23 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Paradigma bisnis tradisional mengalami perubahan yang signifikan di era digital yang terus berkembang. Pengusaha sekarang dapat menghadapi tantangan baru dan melihat peluang baru berkat kemajuan teknologi. Bisnis digital telah menjadi pendorong utama perubahan ini, dan ini telah berdampak besar pada pengusaha di berbagai bidang.Salah satu efek paling mencolok dari bisnis digital adalah kemungkinan untuk mencapai pasar global. Dengan internet sebagai platform utama, pengusaha sekarang dapat memperluas bisnis mereka ke seluruh dunia tanpa perlu infrastruktur fisik di mana pun. Ini mengubah perspektif bisnis konvensional yang terbatas pada area tertentu.

Selain itu, bisnis digital telah membuka jalan bagi model bisnis baru yang berbeda. Para pengusaha memiliki lebih banyak pilihan untuk mempelajari cara-cara, mulai dari model pasar online hingga bisnis langganan.Seperti contoh pada usaha industri Nanda Mebel, UD tersebut dulunya merupakan usaha yang hanya mengandalkan pembeli datang ketoko secara langsung dan pemasarannya melalui mulut ke mulut.Semenjak adanya aplikasi atau platform untuk mempromosikan barang , dan dengan dimilikinya konsistensi dalam mempromosikan barang kini usaha tersebut sudah banyak dikenal dan target marketnya sekarang bukan hanya satu wilayah melainkan  luar kota dan luar negri.Dan dengan memanfaatkan platform aplikasi sebagai bisnis digital kini 90% penjualan diperoleh dari pemasaran online.

Pemasaran dan hubungan pelanggan yang berubah adalah perubahan lain yang dibawa oleh bisnis digital. Pengusaha dapat menggunakan pemasaran digital sebagai salah satu alat utama untuk menjangkau audiens target mereka dengan cara yang lebih efektif dan terukur. Ini mencakup strategi konten, penggunaan media sosial, dan iklan online yang dimaksudkan untuk menarik pelanggan digital.

Namun demikian, perubahan ini menghadirkan tantangan baru bagi pengusaha. Pengusaha harus bersaing dengan bisnis besar dan kecil di seluruh dunia karena kompetensi di dunia digital dapat lebih kuat daripada di dunia nyata. Pengusaha juga harus berinvestasi dalam sistem keamanan yang kuat untuk melindungi data pelanggan dan sensitif mereka.

Secara keseluruhan, bisnis digital telah membawa perubahan yang signifikan bagi pengusaha di seluruh dunia. Ini termasuk ekspansi global, model bisnis baru, dan tantangan baru. Era digital telah membuka peluang baru dan menuntut pengusaha untuk beradaptasi dengan cepat. Bisnis digital dapat menjadi sumber pertumbuhan dan kesuksesan yang tak terduga bagi mereka yang siap menghadapi perubahan ini dengan kreativitas dan inovasi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun