Gresik, 17 Juni 2022. Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi perekonomian seluruh sektor dan lapisan masyarakat tak terkecuali pelaku UMKM sehingga masyarakat harus beradaptasi untuk bertahan dan berupaya agar perekonomiannya dapat kembali bangkit. Dalam kegiatan KKN Individu yang diselenggarakan oleh Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Mahasiswi Jurusan Akuntansi Bernama Ananda Mitsa Ghalizha Laksmanta membuat program kerja yang bertujuan untuk membantu pemulihan perekonomian UMKM tanaman hias yang Bernama Poppy Green House agar tetap bertahan dan berkembang meskipun telah terdampak pandemi Covid-19. Kegiatan ini di bimbing oleh Bapak Dr. Feliks Anggia Binsar Kristian Panjaitan, MM., Cm. NNLP., CMA selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN.
Untuk membantu pemulihan ekonomi UMKM tersebut ananda melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan laporan keuangan agar UMKM tersebut dapat bertahan karena dapat mengelola keuangan usahanya dengan baik. Pengelolaan keuangan sangat penting dilakukan dikarenakan UMKM seringkali dihadapkan pada ketidakmampuan untuk memisahkan antara keuangan rumah tangga dan keuangan usahanya sehingga kesulitan dalam melakukan perhitungan keuntungan atau kerugian. Menurut (Yani, Suryani. 2020) Pengelolaan keuangan yang tidak cermat atau kurang baik dapat menyebabkan pelaku usaha tidak dapat melakukan tindakan preventif dan pencegahan terhadap penyimpangan yang mungkin terjadi dalam kegiatan usahanya.
Selain itu Ananda juga membantu mengembangkan usaha dengan membuatkan aplikasi media sosial bisnis yaitu instagram agar UMKM Tanaman Hias Poppy Green House dapat melakukan pemasaran secara online. Pemasaran secara digital (digital marketing) di era pandemi saat ini sangat meningkat, semua orang bahkan perusahaan besar pun beralih menggunakan digital dan meluaskan pemasarannya sehingga dengan membuatkan aplikasi media sosial untuk pelaku usaha diharapkan UMKM Tanaman Hias Poppy Green House tidak kalah dengan usaha lainnya dan dapat memperluas pangsa pasarnya. Apalagi setelah di lakukan survey UMKM Tanaman Hias Poppy Green House sekarang hanya melakukan pemasaran dari mulut ke mulut “…..dulu saya pernah mba melakukan pemasaran melalui status whatsapp namun sekarang saya lupa bagaimana cara menggunakannya” ujar pelaku UMKM Tanaman Hias Poppy Green House.
Selama 12 hari ananda melakukan sosialisasi dan edukasi, pelatihan dan penerapan terhadap pelaku UMKM tanaman hias Poppy Green House mulai dari mengenalkan siklus akuntansi dan mengajarkan bagaimana cara membuat laporan keuangan yang baik dan benar baik itu dari pencatatan transaski pengeluaran kas maupun penerimaan kas, pembuatan buku besar hingga membuat laporan keuangan secara sederhana. Selain itu ananda juga melakukan pelatihan cara mendownload aplikasi, mengubah akun menjadi akun bisnis dan melakukan pelatihan cara melakukan promosi mulai dari bagaimana cara menggunakan foto produk yang menarik, menggunakan tagar setiap kali meposting foto dan membuat jadwal teratur untuk mengupload foto melalui media sosial Instagram.
#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoKampus #KampusKompeten
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H