PASAR TRADISIONAL
Â
Ananda Aurora Khaerunisa
FIS Universitas Negeri Semarang
ABSTRAK
      Pasar tradisional adalah sebuah tempat jual beli dimana berbagai jenis barang diperjual belikan di tempat ini mulai dari pakaian, makanan, alat dan bahan makanan, peralatan rumah tangga, perlengkapan sekolah dan masih banyak lagi. Pasar tradisional memainkan peran prenting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, terutama di daerah pedesaan pasar tradisional menjadi satu satunya pusat perbelanjaan yang diandalkan oleh masyarakat. Meskipun demikian, pasar tradisional sering menghadapi berbagai tantangan, diantaranya seperti persaingan dengan pasar modern, perkembangan zaman yang membawa perubahan gaya hidup pada masyarakat Indonesia juga mengubah cara masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam rangka menghadapi permasalah ini maka diperlukan penyelesaian masalah untuk meningkatkan kualitas pasar tradisional. Seperti diantaranya kualitas dalam kebersihan, kualitas produk dan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, serta meningkatkan kualitas SDM pedagang yang bisa dilakukan dengan sosialisasi oleh mahasiswa.
Kata Kunci : Pasar Tradisional
ABSTRAC
      Traditional market are a buying and selling place where various types of goods are traded in this place, ranging from clothing, food, tools and food ingredients, household appliances, school supplies and much more.  Traditional markets play an important role in meeting the needs of the Indonesian people, especially in rural areas, traditional markets are the only shopping centers that the community relies on.  Nonetheless, traditional markets often face various challenges, such as competition with modern markets, developments in the era that have brought changes in lifestyle in Indonesian society have also changed the way people meet their needs.  In order to deal with this problem, it is necessary to solve problems to improve the quality of traditional markets.  Such as quality in cleanliness, quality of products and services tailored to consumer needs, as well as improving the quality of human resources for traders which can be done by outreach by students.
Keywords : Traditional Market
Â