Mohon tunggu...
Doni Mirza Rahmansyah
Doni Mirza Rahmansyah Mohon Tunggu... -

Seseorang yg sangat ingin berkunjung keseluruh desa dan kampung di Indonesia dengan Motor.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Puisi 101

3 Juni 2011   11:07 Diperbarui: 26 Juni 2015   04:54 481
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

1. Puisi ialah suatu hasil karya manusia yang berupa tulisan yang terikat oleh : bait, sajak, irama, intonasi. Dan merupakan ekspresi jiwa manusia dalam bahasa yang indah.

2. Puisi selalu berubah-ubah sesuai dengan evolusi selera dan perubahan konsep estetiknya.

3. Puisi adalah pendramaan pengalaman yang bersifat penafsiran (menafsirkan) dalam bahasa yang indah dan berirama.

4. Puisi adalah kata-kata dalam susunan yang terindah.

5. Puisi adalah pikiran yang bersifat musikal. Dan pernyataan perasaan yang imajinatif, yaitu perasaan yang direkakan, diangankan.

6. Puisi merupakan pemikiran mansia secara konkret dan artistik dalam bahasa emosional.

7. Puisi terdiri dari unsur-unsur : emosi, imajinasi, pemikiran, ide, nada, irama, kesan panca indera, susunan kata, kata-kata kiasan, kepadatan, dan perasaan yang bercampur baur.

8. Puisi itu mengekspresikan pemikiran yang membangkitkan perasaan, yang merangsang imajinasi panca indera dalam susunan yang berirama.

9. Puisi merupakan rekaman dan interprestasi pengalaman manusia yang paling penting, digubah dalam wujud yang paling berkesan.

10. Puisi adalah hasil aktivitas memadatkan, dan juga merupakan ekspresi kreatif.

11. Puisi membentuk kata-kata pada waktu pengucapannya sendiri, bukan keluar dari simpanan ingatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun