Mohon tunggu...
Healthy

Kisah ''Resep 2017''

17 Januari 2018   18:26 Diperbarui: 17 Januari 2018   18:30 438
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Resep merupakan Reformulasi Sikap Etika dan Pola Pikir yang di selenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa keluarga mahasiswa fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin atau biasa disebut BEM KEMAFAR-UH. Resep salah satu proses untuk menjadi keluarga mahasiswa fakultas farmasi univeristas Hasanuddin atau KEMAFAR-UH. Resep di laksanakan pada tanggal 5-7 januari 2018 di penginapan bulutana di malino. Sebelum kita pada puncak resep maka kita melalui yang namanya Pra-Resep yang pertama kali diadakan tanggal 28-oktober-2017, yang dilaksanakan setiap hari sabtu dan minggu mulai pukul 07:00-17:00. tapi setelah kami final di fakultas maka pembinaan diadakan setiap hari.

Pembinaan yang diadakan setiap hari sabtu dan minggu sangat bermanfaat bahkan banyak pelajaran yang bisa di ambil. Pembinaan pertama saya sangat kaget dan heran karena kami masih canggung sama kakak senior angkatan 2016 atau biasa disebut kakak OC . Kakak OC merupakan kakak pendamping saya bersama angkatan saya karena kakak sebagai panitia yang dibantu oleh kakak SC. Pada saat hari pertama pembinaan kami membuat surat perjanjian mengenai pembinaan sampai Resep dilaksanakan. Teman- teman saya berdebat mengenai set atau hukuman yang diberikan kepada maba jika salah , perdebatan dimulai sangat lama sehingga yang fix adalah 1 set adalah 15 kengkren , 15 puss up dan 15 sit up bagi laki-laki dan perempuan adalah senam jari.

Setelah ada kesepakatan hukuman maka yang disepakati selanjutnya adalah scooty apa yang ingin di minum setiap hari pembinaan , dan keputusannya adalah scooty original yang rasanya bisa bikin muntah-muntah. tetapi berjalannya waktu kami minta scooty rasa jeruk sehingga kakak oc menyepakatinya . Tetapi scooty original dengan scooty jeruk diminum secara selang-seling. Pertama kali saya minum scooty rasanya saya ingin muntah karena sebelumnya saya tidak pernah minum scooty , tapi lama kelamaan scooty sudah terbiasa saya minum sehingga scooty enak rasanya.

Setelah kesepakatan antar OC dan Maba di buat maka selanjutnya adalah pembagian GB . Dan saya ditempatkan di Gb 10 yang kakak mentornya dalah kak Dewi dan kak Manda . dan temsn gb saya berjumlah 11 tetapi ada satu teman saya yang sakit dan mengambil cuti sehingga gb saya berjumlah 10. Kebiasaan pembinaan adalah datang pukul 07:00-17:00. Absen jam 17:15 setelah itu sekita jam 8 kami makan roti harga 2000 dan minum air club yang botol tengah serta yang paling terakhir minum scooty .

Setelah beberapa minggu pembinaan dilakukan banyak sekali teman saya capek dan sakit karena sudah lelah dalam mengikuti pembinaan . Tetapi disamping itu kakak OC selalu memberi kami motivasi untuk selalu ikut berproses .Karena dengan proses ini saya akan menjadi pribadi yang lebih baik. Dan yang lebih penting lagi adalah bisa menjadi mahasiswa yang bisa bertanggung jawab pada suatu masalah.

Disamping kami pembinaan setiap hari sabtu dan minggu dan biasanya setiap hari Kakak OC juga memberitahukan kepada kami bahwa kami akan adakan MABA SHOW yang intinya seperti memperkenalkan angkatan 2017 Kepada kakak senior dengan menampilkan seni seperti drama,umbrella, puisi, cupsong,dance,akustik,vokal grub, stand up, duet, medlic serta yang lebih asyik adalah pasword .

Pada saat seleksi minat untuk acara maba show saya ditempatkan di item cupsong yang item menurut saya susah karena kami main gelas sambil menyanyi. tetapi lama-kelamaan saya sudah mulai bisa memainkan item saya.

Seiring hari demi hari mengikuti pembinaan kakak OC dan kakak SC juga menyuruh kami untuk menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat . Pengabdian ini sangat berkesan kepada saya karena pengabdian ini pertama kali saya ikuti . Gb yang saya temani untuk pengabdian adalah Gb 6,7,8, dan 9 yang pengabdian dilaksanakan di panti asuhan . 

Saya sangat bersyukur karena saya dan teman-teman yang lain bisa memberi sedikit serta motivasi kepada adik-adik panti asuhan. Dan itu merupakan salah satu bentuk untuk kami diajarkan kerja sama sama teman kami sebagai panitia dan mencari dana sendiri. Selain kami mengadakan pengabdian kami juga mengadakan pembagian makanan kepada orang yang membutuhkan . waktu saya membagi makanan kepada tukang cukur rumput di jalan itu sangat berkesan bagi saya karena saya masih mempunya kesempatan untuk berbagi kepada orang lain. Setelah Pengabdian dan Pembagian Makanan dilaksanakan maka yang diadakan lagi adalah latihan untuk Maba Show yang akan dilaksanakan di resep. Kami latihan biasa didampingi oleh kakak OC.

Pembinaan ini sangat penting di ikuti karena merupakan proses yang membuat satu angkatan saling kenal serta membangun kerja sama dan menjaga solidaritas satu angkatan . Saya juga bersyukur karena saya bisa mengikuti proses ini yang cukup panjang karena dengan proses ini saya bisa lebih kenal dengan satu angkatan saya serta bisa merasakan kebersamaan dengan satu angkatan saya. Pembinaan ini juga saya bisa rasakan bersama teman- teman saya dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Setelah beberapa hari lagi untuk melaksanakan Resep di Malino maka kami disuruh sama kakak oc untuk membeli perlengkapan individu dan perlengkapan gb . Saya sangat heran karena kami disuruh belanja yang belanja kami hampir 200 ribu yang kami beli itu seperti makanan serta peralatan rumah tangga seperti piring,sendok dan gelas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun