Mohon tunggu...
Anab Afifi
Anab Afifi Mohon Tunggu... Konsultan -

Saya ingin mendengar dan belajar dari Anda serta memberi apa yang saya bisa @anabafifi

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Menjadi Juara di Era Web 2.0

15 Februari 2010   14:05 Diperbarui: 26 Juni 2015   17:55 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Ada banyak saran dari para ahli internet maupun konsultan media dan internet publicity tentang cara terbaik untuk memasarkan serta mempopulerkan bisnis Anda di internet. Kebanyakan di mulai dari blog gratisan dan menggunakan situs jejaring sosial. Juga berselancar di blog orang lain dan memberikan komentar di sana untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda sendiri.

Itu memang bermanfaat. Tetapi ada cara tambahan yang jauh lebih efektif dan cepat.
Lalu apa satu-satunya alat pemasaran paling efektif yang Anda miliki? Website Anda!
Website Anda memberitahu orang-orang tentang Anda. Tentang produk dan jasa Anda. Ini memungkinkan mereka sign up untuk informasi lebih lanjut atau melakukan pembelian, dan memberi mereka informasi tentang Anda.

Situs Anda adalah alat pemasaran yang paling penting yang Anda miliki, dan bagaimana Anda menggunakannya? Apakah Anda mempromosikan website Anda secara langsung atau Anda buang-buang waktu mempromosikan sebuah blog yang mengarah ke situs web Anda? Anda harus memusatkan semua usaha Anda di situs web Anda jika ingin mendapatkan lebih banyak klik.

Berikut adalah hal-hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membuat website anda bekerja lebih keras untuk Anda: Update konten di website Anda secara teratur. Anda tidak perlu menambahkan item baru setiap hari, tetapi anda harus menambahkan beberapa hal baru setidaknya sekali seminggu. Informasi baru akan membuat orang datang kembali ke situs Anda secara teratur. Tetapi orang akan bosan promosi dagang yang sangat cepat dan mulai pindah dari situs Anda.

Buatlah situs anda sebagai tempat yang menyediakan informasi dengan topik yang memiliki niche marke. Misalnya topik tentang hobi. Ini merupakan cara yang fantastis untuk menarik lalu lintas internet.

Mesin pencari adalah segalanya. Search engine optimization (SEO) mutlak diperlukan jika Anda ingin mendapatkan ribuan atau bahkan jutaan hits per hari. Belum ada jenis lain pemasaran Internet yang efektif untuk meningkatkan kunjungan atau klik selain SEO.

Mesin pencari yang terbesar di dunia adalah Google. Dalam SEO ini, kata kunci (keyword) merupakan senjata ampuh dalam memenangkan publisitas di internet. Dan untuk itu ada teknik tersendiri melalui proses riset dan pemilihan kata kunci yang tepat.

Ambil contoh misalnya, jika Anda hendak mencari konsultan komunikasi di Indonesia maka orang akan mencari jawaban melalui Google. Setelah masuk ke Google masukkan kata kunci “konsultan komunikasi Indonesia”. Dalam sekejap akan muncul.

Mereka yang masuk dalam 10 daftar di halaman pertama itulah yang paling banyak hitsnya alias paling banyak dicari atau paling banyak dikunjungi. Terlepas bahwa di dunia nyata si konsultan komunikasi ini tidaklah popular.

Inilah perlakuan dalam dunia internet publicty. Jika media ini digunakan secara intens, strategis dan terarah, akan menjadikan Anda juara di era Web 2.0 dewasa ini.

Selamat mencoba.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun