Mohon tunggu...
Nurhasanah Azis
Nurhasanah Azis Mohon Tunggu... Mahasiswi -

Mahasiswi Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo Kendari Duta Mahasiswa GenRe Sulawesi Tenggara 2017 Crew Health Promotion 014

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Biarkan Usahamu Mengalahkan Mindermu

8 Juni 2017   18:59 Diperbarui: 8 Juni 2017   19:29 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Assalamualaikum... 

kali ini saya akan berbagi pengalaman saya dalam melawan rasa minder yang menghantui saya disetiap saat karena merasa saya sangat kurang dibandingkan orang lain dari hal kemampuan dan keterampilan. 

Minder atau rendah diri adalah perasaan diri tidak mampu dan menganggap orang lain lebih baik dari dirinya. Orang yang merasa minder cenderung bersikap egosentris, memposisikan diri sebagai korban, merasa tidak puas terhadap dirinya, mengasihani diri sendiri dan mudah menyerah.

Saya yakin ada banyak orang yang merasakan hal ini, termasuk diri saya sendiri. Ada banyak hal dimana saya memposisikan diri saya sebagai penonton atau orang yang tidak mampu melakukan hal itu. Saya selalu merasa buruk ketika berada pada kondisi tersebut dan menganggap orang lain sempurna tanpa memikirkan kelebihan saya yang lain.

Ketika rasa minder itu terus membayang dan kita tidak berusaha untuk melawan perasaan itu dengan berbagai upaya maka kita akan tenggelam dalam kondisi itu untuk selamanya. Sama dengan ketika kita terjatuh kedalam lubang dan kita tidak melakukan usaha apapun maka kita akan tetap berada didalam lubang itu untuk selamanya.

sebenarnya usaha itu apa sih ???

Kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud. pekerjaan (perbuatan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya) untuk mencapai sesuatu. Itu definisi usaha menurut KBBI.

Bagi saya usaha itu seperti api yang ketika kita terus memperkuat atau memperbesar api itu makan segala sesuatu yang beradadi sekeliling kita akan terbakar. 

atau saya umpamakan sebagai cahaya dalam kegelapan, ketika cahaya itu semakin besar maka akan menyinari sekeliling kita dengan jarak yang lebih jauh. sepeti itulah usaha ketika kita terus melakukan sesuatu maka pada akhirnya apa yang kita cita-citakan akan terwujud, tujuan kita akan tercapai. 

Kenapa sih kita harus berusaha keluar dari rasa minder itu??

Saya yakin sekali ada banyak yang pernah merasakan hal ini, ketika orang lain mampu melakukan sesuatu dengan sangat baik sementara diri kita sama sekali tidak bisa. Padahal kalian tau, mereka mampu berada diposisi hebat itu butuh proses panjang tidak begitu saja Allah berikan kemampuan tersebut. Orang amerika saja ketika lahir tidak langsung mampu berbahasa inggris jadi tidak mungkin orang Indonesia mampu berbahasa inggris hanya dengan menunggu hidayah saja. It's so imposible.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun