“Kenapa harus orang Korea? Because only white is beautiful. Gak relatetable!”
Banyak pro dan kontra yang beredar di masyarakat tentang kenapa skincare lokal berlomba-lomba jadikan artis Korea sebagai brand ambassador mereka. “kenapa harus orang Korea? Apa karena orang Korea putih-putih? Kenapa putih harus jadi standar kecantikan?” banyak pertanyaan yang bermunculan di masyarakat.
Sebenarnya bukan karena artis Korea yang putih dan standar kecantikan juga bukan dilihat dari seberapa putih kita. Skincare lokal jadikan artis Korea jadi brand ambassador mereka itu karena saat ini Korean wave sedang naik daun.
Mungkin orang yang tidak suka dengan dunia per kpop an akan banyak berkomentar kontra tetapi sebaliknya orang yang suka dengan dunia kpop mereka akan senang dan tertarik untuk membeli produk tersebut. Apalagi jika membeli produk tersebut bisa mendapatkan photocard.
Nah, bicara tentang photocard mungkin untuk orang non kpop akan berkomentar “apasih cuma kertas gitu aja” “kan bisa ngeprint sendiri”. Buat mereka yang tidak tahu mungkin itu hal yang biasa. Banyak faktor atau alasan mengapa skincare lokal jadikan artis Korea sebagai brand ambassador mereka. Bukan karena artis Indonesia tidak ada yang cantik atau ganteng tetapi ini karena strategi marketing dan pangsa pasar.
Alasan mengapa artis korea jadi brand ambassador skincare lokal
- Fans kpop itu kebanyakan loyal dan royal. Ketika mereka (fans kpop) tau idola mereka jadi brand ambassador, mereka akan membeli produk lokal tersebut dan dengan sukarela membantu mempromosikan produk tersebut melalui akun fansbase atau akun dan media yang lainnya. Apalagi jika mereka mendapatkan hadiah photocard setiap pembelian produk, mereka pasti akan membeli dengan jumlah yang cukup banyak hanya untuk mendapatkan hadiah photocard tersebut.
- Meningkatkan awareness, reputasi yang baik dari artis Korea yang jadi brand ambassador suatu produk bisa meningkatkan awareness dan kepercayaan mereka terhadap produk Indonesia.
- Bisa menjangkau pasar global, fans kpop tidak hanya secara global tapi juga internasional dan dengan adanya kemudahan belanja secara online fans internasional juga dapat dengan mudah membelinya. Sehingga lokal brand ini berharap bisa memperluas pasarnya tidak hanya secara nasional tetapi juga internasional.
Selain itu, menjadikan artis Korea sebagai brand ambassador ini termasuk inovasi industry dimana ini ada kaitannya dengan SGDs pilar ke 17. Apa sih SDGs pilar ke 17? Kemitraan untuk mencapai tujuan. Dalam kemitraan untuk mencapai tujuan ini kita bisa melakukan perdagangan pasar bebas.
Jika kita memakai brand ambassador internasional otomatis seluruh dunia akan tau produk kita, darimana asal produk itu yang secara tidak langsung orang bisa membeli produk kita dan tau bahwa produk itu dari Indonesia.
Menjadikan artis korea sebagai brand ambassador skincare lokal sebenarnya bukan hal yang hal buruk. Dari alasan tersebut di atas kita tahu bahwa ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Bukan hanya tentang bicara standart kecantikan, tetapi bisa juga menjadi nilai branding yang mendukung implementasi dari SDGs pilar ke 17.
Brand ambassador yang terkenal memiliki pengaruh besar terhadap suatu produk. Karena jika brand ambassador tersebut memiliki banyak sekali penggemar pasti banyak penggemar yang mengikutinya. Mereka akan mengikuti apa yang dipakai oleh brand ambassador tersebut.