Pentingnya Meningkatkan Kemampuan Mengelola Konflik di Dalam dan Luar Organisasi
Oleh Andhita Gita Pratiwi, Mahasiswa Universitas Siber Asia
Dalam setiap organisasi pastinya terdapat sebuah konflik, dikarenaka dalam suatu organisasi terdapat banyak orang didalamnya yang juga pastinya terdapat banyak kepala dan tidak semua kepala memiliki pendapat yang sama.
Konflik sendiri merupakan hambatan dalam proses pelaksanaan tugas guna mencapai suatu tujuan dalam organisasi tersebut. Konflik dalam organisasi adalah suatu kondisi dalam organisasi dimana terdapat perbedaan pendapat atau pertentangan dalam menjalankan suatu tugas untuk melaksanakan visi dan misi organisasi.
Adapun sebab terjadinya konflik dalam organisasi, diantaranya :
- Adanya perbedaan kepentingan
- Adanya perbedaan pengertian / pemahaman
- Adanya perbedaan cara pandang
- Adanya ketidak jelasan tujuan
- Adanya perbedaan peraturan yang dianut
- Adanya perubahsan situasi baru.
Konflik ini akan semakin luas bila ruang lingkupnya semakin komplek atau besar permasalahannya maka akan semakin sulit untuk mendapat solusi. Maka akan mengakibatkan suatu dampak, yang diantaranya :
- Dampak Langusng :
- Tercipta kondisi lingkungan organisasi yang kurang kondusif
- Tterganggunya mekanisme kerja tim work karena terhambatnya hubungan kerja antar anggota tim
- Dampat Tidak Langsung :
- Terhambatnya proses pencapaian tujuan dalam organisasi tersebut
- Menurunnya kinerja organisasi
Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk dapat mengontrol untuk mencegah kemungkinan terjadinya konflik, agar dapat menghindari, dan mengurangi dampak resiko dari konflik yang di hasiklan agar terselesaikan dalam waktu yang sesingkat mungkin.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI