Mohon tunggu...
Amelia Sagita
Amelia Sagita Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Perjuangan Masuk SMAN 16 Bekasi

22 Agustus 2017   20:57 Diperbarui: 22 Agustus 2017   21:44 764
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Assalamualaikum Wr. Wb

Disini saya akan menceritakan tentang bagaimana sampai menjadi salah satu murid di SMAN 16 Bekasi. Dan saya akan menceritakan dari awal masuk kelas 9. Saya masuk ke kelas 9.4 dimana dulu saya kelas 7.4 (Teman kelasnya digabung lagi). Awal - awal kelas 9 itu saya udah niat mau 'belajar' yang bener, kurang-kurangin main, kurang-kurangin dunia kpop nya, dan lain - lain. Tapi niat itu kandas tepat ketika 2 minggu awal masuk sekolah. Setan - setan bermunculan. Saya jadi pemalas lagi. Hehe. Saya termasuk anak yang cepat mengerti materi yang diberikan oleh guru di sekolah. Tapi saya malesan. Jadi kemampuan menangkap saya tertindas oleh kemalasan yang saya punya. Jangan ditiru ya XD

Saya merupakan anggota inti paskibra di SMP. Jadi cukup aktif mengikuti lomba - lomba di luar sekolah. Kecintaan saya terhadap paskibra sangat lekat. Saya bahkan sudah menganggap mereka sebagai keluarga kedua saya. Ibu pembina, Bu Minuk Karmini. Para pelatih tercinta, kang Akbar kang Aan dan kang Badru. Mereka sangat melengkapi kami. Tanpa mereka kami bahkan tidak bisa sedekat ini. Oiya, sebutlah kami BRAJAPATI. Kami terdiri dari 16 orang. Brajapati merupakan nama pasukan lomba dari SMP saya, SMPN 39 Bekasi. Intinya, Brajapati sangat nempel sama hati saya. Mau ninggalin 39 pun, takut kangennya sama Brajapati. Bukan sama 39 nya HEHEHE. Mendekati 2017, kami (angkatan saya) sudah hiatus dari lomba - lomba, dengan alasan 'fokus UN'. Cukup sedih, banget malah. Rasanya berat banget mau jadi alumni, yang berarti pisah sekolah sama Brajapati, ga lomba - lomba lagi. Sediiiih banget. Udah hopeless aja tentang lomba. Yaudah lah, ya. Mau gimana lagi.

4 bulan mendekati Ujian Nasional, saya mengikuti bimbel di luar sekolah. Cukup telat sih, tapi lumayan buat nambah -  nambahin ilmu, yakan? Disitu saya belajar banyak. Alhamdulillah temen lesnya seru - seru. Mereka dari sekolah yang berbeda. Hehe jadi nambah temen deh. Belum lagi gurunya yang masih muda - muda. Seru bangeeet jadinya. Kayak temen gitu. Alhamdulillah banget ya. Karena les itu cocok - cocokan kan. Baik temennya maupun gurunya. Dan saya cukup beruntung he he he.

Masih galau - galau dengan berhentinya keproduktifan lomba Brajapati, tiba - tiba akang pelatih kami bilang "Ayo semangat belajarnya. Jangan banyak ngeluh. Biar cepet kelewat ujiannya. Akang punya hadiah buat kalian" Widih, apa tuh? Penasaran dong kita. Terus akang nerusin "Ada lomba di SMAN 11 Bekasi. 39 akan nurunin 3 pasukan. Brajapati 01 (angkatan saya), Brajapati 02 (adek kelas saya satu tingkat), dan Brajapati 03 (adek kelas saya dua tingkat)" Demi apapun, rasanya tuh seneng banget!!! Kayak dikasih kesempatan hidup sekali lagi. Ya ampun. Akang pelatih is the best lah pokoknya. Tapi akang bilang "lombanya 3 minggu setelah kalian UN. Jadi kalian tidak punya banyak waktu untuk latihan. Waktu yang digunakan maksimalnya adalah 2 minggu untuk latihan, kalian siap?" Waaahhh. Readers pasti tau apa jawabannya. Yap. Kami siap. Sangat amat siap. Jadi tambah semangat deh belajar buat UN-nya.

Lagi semangat - semangatnya belajar, tiba tiba datanglah saat dimana kartu Ujian Sekolah dibagikan. Saya kayak langsung tersadar dari mimpi gitu. Oh my god. Cepet banget. Jadi saya cukup kaget dan ngedown. Udah takut sama UN. Panik mode. Akhirnya, di Ujian Sekolah itu saya males malesan. Yap. Tetep males malesan. Hari pertama sampai terakhir US udah lewat. Cukup lega. At least cobaannya berkurang satu. Disitu saya menganggap bahwa soal nya lumayan sulit. Soal - soal itu mampu menampar diri saya sambil bilang "US susah kan? Belajar makanya!!" Duh, Sakitt hatiku wkwkwk. Setelah itu saya kerajinan saya dalam belajar meningkat sedikit demi sedikit. Ya alhamdulillah ya pemirsa.

Ujian sekolah lewat. Belajar seminggu, dan langsung dihadapi oleh rintangan selanjutnya. Yaitu USBN alias Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Yang tingkat kesulitan soalnya lebih naik sedikit dibanding ujian sekolah. Degdegan. Lebih degdegan dari US. Gak tau kenapa. Pokoknya degdegan aja. Itu saya usaha lebih keras lagi dari US. Walaupun cuma 3 mata pelajaran, yaitu : Agama, PKN dan IPS. Tapi 3 pelajaran itu adalah pelajaran kelemahan saya. Nilai saya jelek di antara 3 itu. Selalu deh. 

Setelah USBN. Gak lama kemudian langsung UN. Untuk UN kali ini saya lebih rileks dibanding ujian ujian sebelumnya. Karena pesan dari guru, alumni, dan orang orang sekitar adalah "Jangan tegang, jangan panik. Anggep ulangan harian". Jadi saya mengikuti dan memang ternyata sangat ngefek untuk diri saya pribadi. Saya UN masih menggunakan kertas dan pensil. Cukup beruntung kan? Hihi.

UN hari pertama done. Pelajaran Bahasa Indonesia. Saya cukup lihai dalam memilih jawaban. Namanya juga Bahasa Indonesia. Ya bismillah bismillah aja. Sorenya, saya menyadari bahwa besok UN Matematika. Pelajaran yang yah, bisa dibilang membunuh. Tapi saya lebih pilih Matematika daripada IPA sih. Malemnya, pacar saya menyuruh saya untuk mengerjakan 1 paket soal. Harus bersama dengan jawabannya. Dia itu sangat amat membantu dan support saya. (Dia baru selesai UN SMA juga. Kami terpaut usia 3 tahun). Besokannya, saya mengerjakan soal Matematika dengan tenang. Ya soal nya gak gampang, tapi juga gak susah. Jadi yaaaa boleh lah ya. UN hari ke 3, Bahasa Inggris. Saya super duper semangat karena minat belajar saya yang paling besar adalah di pelajaran Bahasa Inggris yang merupakan pelajaran favorit saya sejak SD. Habisnya menarik banget sih. Next yang terakhir, UN IPA. Degdegan saya kembali muncul. Saya pasrah dengan pelajaran ini. Lelah hayati. Paginya itu saya waktu lagi mengerjakan IPA, saya kebelet BAB. Wah, kesiksa banget. Jadi udah degdegan, merinding, panas dingin, soalnya susah buanget lagi! Capek deh. Yaudah deh pasrah aja.

Hari pembagian nem dibagikan. Saya melihat nem saya dan, kecewa. Nem saya jauh dari ekspektasi saya. Saya merasa bahwa kemampuan saya bisa lebih dari ini. Tapi mau bagaimana lagi. Saya hanya bisa meminta maaf kepada orang tua dan mencoba ikhlas dengan kenyataan yang ada bahwa nem saya sekian. Tapi yang bikin saya ga begitu sedih, nilai matematika saya pas. Pas - pasan maksudnya. Gak buruk buruk amat. Saya rasa itu berkat precious boyf saya. Big thanks to Revan!<3

Singkat cerita, tibalah saat pendaftaran SMA jalur akademik. Pilihan pertama saya adalah SMAN 11 Bekasi. Kedua adalah SMAN 17 Bekasi. Iyap. 16 bukanlah sekolah pilihan saya. Jadi saya sudah isi formulir, tapi pada hari itu kuota pendaftarnya sudah habis. Jadi saya diminta kembali ke operator SMAN 11 besoknya. Keesokan harinya, saya bawa formulir saya dan saya cek lagi. Saya merasa tidak yakin dengan pilihan kedua saya. Jadi saya decided untuk mengganti pilihan kedua saya menjadi SMAN 16 Bekasi. Sambil berdoa, semoga saya gak salah pilih sekolah. Waktu nama saya udah terpampang di web PPDB bagian SMAN 11, nama saya terus turun. Panik. Banget. Dan akhirnya boom. Hilang sudah nama saya di bagian SMAN 11 dan muncullah saya di 16. Posisi saya naik turun. Udah pasrah banget. Tapi alhamdulillah saya fix jadi anak 16.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun