pendidikan, khususnya pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus (ABK). Bukan saja rentan terkena Covid-19 yang kian meluas. Kini anak-anak berkebutuhan khusun rentan pula mengalami degradasi atau penurunan pendidikan akibat belum maksimalnya proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) Â yang dilakukan pemerintah di tengah pandemi.
Pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi duniaPembelajaran anak-anak berkebutuhan kini sedang mendapatkan sorotan. Anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) rentan mendapatkan degradasi atau kemuduran pembelajaran. Ini diakibatkan karena dalam pembelajaranya anak-anak berkebutuhan khusus membutuhan pendampingan oleh guru pendamping khsusus (GPK). Kini para GPK tidak bisa bertemu atau bertatap muka dengan anak-anak yang biasa mereka dampingi. Anak-anak berkebutuhan khusus kini kehilangan waktu belajarnya, kehilangan interaksi baik dengan guru pendamping khusus juga dengan teman sepermainan, kehilangan sentuhan dan bimbingan intensif dari GPK. Hal ini akan berdampak serius bagi anak-anak ABK jika tidak segera ditemukan solusi terbaiknya.
Berdasarkan hasil survei nasional yang melibatkan 142 sekolah luar biasa (SLB) yang dilakukan Asosiasi Profesi Pendidikan Khusus Indonesia (APPKHI), guru SLB dan guru pedamping khusus (GPK) di sekolah kesulitan dalam memilih media belajar yang sesuai dengan anak berkebutuhan khusus. Tentu hal ini sangat mengkhawatirkan, terlebih pandemi covid-19 belum bisa diprediksi kapan akan berakhir. Jika tidak segera menemukan alternatif pembelajaran, maka akan selama itu pula proses pembelajaran bagi anak-anak berkebutuhan khusus akan terhenti.
Ketua Asosiasi Profesi Pendidikan Khusus Indonesia (APPKHI), Munawir Yusuf dalam sebuah kesempatan mengusulkan agar ada kemungkinan anak berkebutuhan khusus diizinkan kembali bertemu dengan gurunya secara bertahap. Menurutnya hal ini penting agar anak berkebutuhan khusus tidak kehilangan minat untuk belajar dan kembali ke sekolah kembali. Lanjutnya, guru-guru juga perlu diizinkan melakukan pembelajaran langsung ke rumah-rumah siswa berkebutuhan khusus. Ia menyebutkan selama ini para guru tidak berani mengambil langkah karena belum ada ketentuan yang mengaturnya.
Dalam menyikapi hal ini, seharusnya pemerintah segera menyusun metode pembelajaran yang sesuai untuk anak-anak berkebutuhan khusus ditengah pandemi. Langkah ini dinilai sangat dibutuhkan untuk menjawab kekhawatiran baik dari pihak sekolah, guru  dan orang tua tentang masa depan pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!