Mohon tunggu...
Amru Alhabsyi
Amru Alhabsyi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Asal Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Branding dan Digital Marketing sebagai Identitas Produk Petis Kupang di Desa Balongdowo

3 Juni 2024   20:36 Diperbarui: 4 Juni 2024   11:28 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Bersama Mitra Petis Kupang

Desa Balongdowo yang berlokasikan di Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo mempunyai potensi perekonomian yang besar melalui produk Petis Kupang yang merupakan makanan khas yang kaya akan cita rasa dan nilai tradisional. Namun kendala terbesar produk ini adalah tantangan pemasaran dan persaingan. Di sini mahasiswa KKN UNTAG Surabaya berperan penting dalam mengembangkan branding dan pemasaran digital produk Petis Kupang.

Branding merupakan aspek penting dalam menciptakan identitas produk. Dengan bantuan mahasiswa KKN, produk Petis Kupang asal Desa Balongdowo kini memiliki logo dan kemasan yang menarik sehingga menambah daya tarik dan kredibilitas produk. Logo yang dirancang mencerminkan kualitas dan tradisi, sedangkan kemasan yang menarik memastikan produk terlihat profesional di pasaran.Di era digital, pemasaran melalui media digital sangatlah penting. Mahasiswa KKN UNTAG Surabaya turut memanfaatkan platform digital untuk mempromosikan produk Petis Kupang, termasuk melalui e-commerce. Langkah ini memungkinkan produk menjangkau pasar lebih luas, meningkatkan visibilitas, dan menarik lebih banyak konsumen.

Pengembangan branding dan pemasaran digital diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk Petis Kupang, memberikan dampak ekonomi positif bagi para mitra dan meningkatkan taraf hidup mereka. Selain itu, kolaborasi antara siswa dan mitra menciptakan hubungan yang saling menguntungkan dimana mitra memperoleh keterampilan baru dan siswa memperoleh pengalaman praktis.

Inisiatif mahasiswa KKN UNTAG Surabaya untuk mengembangkan branding dan digital marketing produk Petis Kupang di desa Balongdowo menunjukkan bagaimana perguruan tinggi dapat memajukan mitra Petis Kupang. Langkah ini meningkatkan daya saing produk lokal, memperkuat perekonomian lokal, dan melestarikan budaya tradisional. Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain untuk memanfaatkan potensi lokalnya secara maksimal. dari.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun