Mohon tunggu...
Amril Taufik Gobel
Amril Taufik Gobel Mohon Tunggu... Insinyur - Smiling Blogger, Restless Father, Lovely Husband and George Clooney wannabe :) See my Blog: http://daengbattala.com

Amril Taufik Gobel lahir di Makassar, 9 April 1970 dan lulusan Fakultas Teknik Jurusan Mesin UNHAS Angkatan 1989. Saat mahasiswa, pernah menjabat sebagai Redaktur Pelaksana Penerbitan Kampus Identitas (1992-1993) dan pendiri sekaligus Pemimpin Redaksi Surat Kabar Mahasiswa Fakultas Teknik UNHAS "Channel 9" (1991-1992). Seusai diwisuda tahun 1994, ia merantau ke Jakarta. Saat ini bekerja sebagai Direktur Eksekutif PT KPM Oil & Gas, Jakarta dan berdomisili di Cikarang. Ayah 2 anak ini juga mengelola blog pribadinya di www.daengbattala.com (pernah memenangkan blog favorit kategori Bahasa Indonesia dalam Lomba Blog International yang diadakan oleh The Bobs pada tahun 2010) serta menjabat sebagai Vice President Asean Blogger Chapter Indonesia sejak 2011. Telah menghasilkan 3 buku dari aktifitasnya ngeblog dan 2 diantaranya diterbitkan secara self publishing lewat www.nulisbuku.com

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Buku Kompasiana, Etalase Warga Biasa : Melaju Pasti Dengan Jurus "Anti Mati Gaya"

6 November 2013   15:38 Diperbarui: 24 Juni 2015   05:31 154
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Judul Buku : KOMPASIANA, Etalase Warga Biasa Penulis : Pepih Nugraha Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama Cetakan : Pertama, Oktober 2013 Tebal : xi + 268 halaman ISBN : 978-979-22-9987-8 Masih segar di ingatan saya kejadian itu. Di rumah makan Sami Kuring Cikarang, Minggu 5 Juli 2009, Kompasiana yang belum genap setahun berdiri, menggelar kegiatan Roadshow Blogshop bekerjasama dengan komunitas bisnis Cimart, Cikarang. Ini merupakan Blogshop pertama yang diselenggarakan diluar "markas besar" Kompasiana di gedung Kompas-Gramedia, Jakarta. Seperti yang saya tulis disini, acara tersebut berlangsung sukses dan meriah, dihadiri 36 peserta blogshop berasal dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi yang begitu antusias mengikuti pelatihan ini. Mas Okky (Marketing Communication Kompas dot com) , Mas Iskandar Zulkarnaen (admin Kompasiana) dan Kang Pepih Nurgraha (founder/admin Kompasiana) datang jauh-jauh dari Jakarta ke Cikarang untuk hadir dan berbagi sekaligus memperkenalkan Kompasiana sebagai blog berbasis jurnalisme warga. "Kompasiana harus kita kembangkan terus, bersama-sama, bersinergi satu sama lain. Pokoknya jangan sampai "mati gaya" deh!," kata Kang Pepih kepada saya dengan nada berseloroh sambil mengutip istilah yang cukup populer pada masa itu di kesempatan waktu istirahat. Mata beliau terlihat berbinar dan menyiratkan keyakinan yang sangat mendalam. Meski jurnalis senior Kompas ini melontarkan kalimatnya secara bercanda, saya menangkap ada keseriusan didalamnya. Sebuah tekad membara. Juga janji. Tak terlerai.

Tulisan saya "Mohon Maklum Mereka Anak Generasi Platinum" yang tampil di Kompasiana pada tanggal 8 Desember 2008

Dan kini, saat membaca buku "Kompasiana, Etalase Warga Biasa" yang ditulis Kang Pepih, saya merasakan aura semangat itu tetap bergelora menyala disana. Pergulatan membangun dan mengembangkan Kompasiana sebagai Media Sosial khas Indonesia diceritakan secara lugas, lengkap dan komprehensif disini. Sebagai "bidan" yang melahirkan Kompasiana, Kang Pepih menyampaikan suka duka dan jatuh bangunnya membangun media ini yang pada ultah ke-5 tanggal 22 Oktober 2013 lalu, Kompasiana perlahan tapi pasti menapaki ranking 30 Alexa di Indonesia dan peringkat 2077 di level global. Saat buku ini disusun, anggota Kompasiana yang rata-rata terdaftar sebagai penulis mendekati angka 170.000 dan setiap harinya "dibanjiri" 1000 artikel atau tulisan warga. Sungguh sebuah prestasi yang membanggakan, namun tentu saja, hasil tersebut tak bisa diraih dalam tempo sekejap dan begitu mudah. Dibutuhkan nyali, kerja keras dan semangat tinggi, juga sinergi konstruktif untuk mewujudkannya menjadi nyata.

Buku Kompasiana, Etalase Warga Biasa yang siap didistribusikan dengan autograph asli sang penulis (foto diambil dari Facebook Pepih Nugraha)

Pada bab awal, Kang Pepih menceritakan bagaimana nama Kompasiana itu dipilih. Di halaman 4, Kang Pepih menuturkan nama itu diperoleh dari usulan wartawan senior, Budiarto Shambazy. Nama itu merujuk pada rubrik di Harian Kompas yang diciptakan pendirinya, Petrus Kanisius Ojong. Budiarto beranggapan, rubrik Kompasiana di Harian Kompas sudah bergaya blog, sangat personal dan lugas dalam mengupas berbagai persoalan. Di awal kelahirannya, blog Kompasiana dikhususkan untuk jurnalis Kompas serta sejumlah tokoh secara terbatas. "Tatkala kran Opini dan berita warga dibuka di Kompasiana, warga antusias menyambutnya. Segera mereka menemukan media yang tepat untuk menyalurkan aktualisasi mereka dalam bentuk tulisan; reportase; opini, catatan harian, maupun fiksi. Mereka menemukan keasyikan sendiri disini. Mereka berkumpul di "dunia orang biasa". Mereka menemukan kenyataan bahwa menulis bukan lagi monopoli para jurnalis atau kolumnis. Menulis adalah "pekerjaan" orang-orang biasa, warga pada umumnya yang bukan berprofesi sebagai jurnalis atau penulis" (halaman 6).

12910011918351490
12910011918351490

Penyerahan Kue Ulang Tahun Kompasiana Kedua secara simbolis dari Kang Pepih Nugraha (admin Kompasiana) kepada saya, mewakili Kompasianers di MU Cafe,Sabtu (27/11/2011), Sumber Foto : Mas Widianto

Ya, Kompasiana, menjadi fenomena luar biasa di dunia media sosial di Indonesia. Perkembangannya yang signifikan dalam kurun waktu 5 tahun diuraikan oleh Kang Pepih secara lengkap dan runtut. Bab demi bab di buku ini disajikan dengan judul yang unik dan "eye catching". Lihat saja di Bab kedua "Mulainya si Pemula Yang Malu-Malu" yang menuturkan pertama kali Kompasiana diperkenalkan, bahkan karena ketika itu tulisan-tulisannya didominasi oleh Kang Pepih, sempat terbit sindiran "Pepihsiana" alias "Pepih Kompasiana". Atau di bab 5 "Olok-Olok Senjakala Blog" yang mengangkat soal polemik tentang perkembangan dunia blog yang sempat dipandang secara pesimis, serta pada bab 9 "Berikutnya Berani Tampil Beda" yang mengungkapkan bagaimana strategi branding Kompasiana dengan menerapkan teknik diferensiasi dan tampil beda. Yang menarik adalah Kang Pepih juga menceritakan diskusinya bersama Blogger Professional pertama Indonesia, Budi Putra dalam bab 8 "Benchmarking, Imitating, Innovation".

Tulisan-tulisan yang disajikan begitu renyah, bernas dan memikat. Sebagai jurnalis senior, kang Pepih mampu membetot perhatian para pembaca dengan menghadirkan rangkaian kalimat yang tertata rapi, mudah dimengerti dan ringan untuk dicerna. Perjalanan Kompasiana, sejak awal kelahiran, sampai memasuki usianya yang kelima (2013) dikisahkan dalam alur dan ritme yang dinamis. Tiap bab di buku ini bisa dibaca pula secara terpisah atau sendiri-sendiri, tak mesti harus membaca bab tertentu dulu. Seperti ada "benang merah" yang menghubungkan tema yang disajikan. Yang membuat kian menarik adalah, Kang Pepih menuturkannya dengan sentuhan personal, santai, ala blog. Membaca buku ini membuat saya seakan-akan bercakap-cakap langsung dengan beliau. Anggaplah sambil bermain catur bersamanya di keremangan senja sembari menyeruput kopi hangat di beranda :). Lalu bagian mana di buku ini yang membuat saya terpukau? Di bab 8 "Benchmarking, Imitating, Innovation" Kang Pepih menceritakan perjalanannya mengembangkan Kompasiana dengan melakukan perbandingan intens melalui analisa mendalam dan kritis dengan media berbasis jurnalisme warga sejenis seperti Asia Blogging Network yang digagas oleh Budi Putra serta Panyingkul.com yang diprakarsai oleh Lily Yulianti Farid di Makassar juga dengan media Oh My News di Korea Selatan. Kang Pepih kemudian mengambil kesimpulan---yang menurut saya dramatis, berani dan cerdas --"Saya tidak ingin memformalkan berita warga di Kompasiana sebagaimana Oh Yeong-Ho (Oh My News) yang mendirikan sekolah jurnalistik bagi para jurnalis warganya. Saya juga tidak ingin menyeragamkan gaya bahasa dan bercerita warga atas nama genre narrative journalism , sebuah gaya bercerita. Saya ingin membiarkan warga menulis sesuka mereka, dengan gaya bahasa apa adanya, asalkan postingannya bermanfaat dan bertanggung jawab" (halaman 100). Strategi ini cukup mumpuni, apalagi ketika dipadukan dengan strategi "Imitating & Innovation" yang kemudian menjadikan Kompasiana sebagai media sosial khas Indonesia dengan platform tegas : Menulis dan tagline jelas : "Sharing & Connecting"
atgatKompasiana
atgatKompasiana
Interaksi antara pembaca dan produsen konten blog di Kompasiana begitu intens dan akrab. Kompasiana telah menjelma menjadi sebuah wahana raksasa jurnalisme warga, orang biasa yang bukan jurnalis media, menorehkan catatan, fikiran, opini dan perasaan. Dialog interaktif terbangun antara komentator dan penulis atau antara komentator dan komentator di setiap posting seakan menjadi indikator pembuktian atas apa yang sudah ditulis oleh Prof.Dan Gilmor, penulis buku “We The Media:  Grassroots Journalism by the people,  for the people (2004)” yang antara lain menyatakan evolusi media di masa depan  akan dicirikan dengan terbentuknya sebuah ekosistem yang menghadirkan dialog multi arah, serta penguatan dialog masyarakat sipil di tingkat lokal,nasional maupun internasional.  Dan Kompasiana adalah ekosistem media baru yang menjadi wadah besar dialog multi arah masyarakat tersebut. Tak salah bila tagline “Sharing, Connecting” menjadi sangat relevan karena apa yang dikabarkan melalui Kompasiana  menjadi sebuah representasi aktual atas praktek demokrasi partisipatif yang melibatkan warga biasa dengan tidak hanya bercerita dan melaporkan namun juga berbagi kesan, sekaligus berdialog secara interaktif dengan para pembaca, memanfaatkan teknologi internet.  Lepas dari elitisme dan keangkuhan media mainstream yang kerap kali “terdikte” oleh “otoritas” sang pemilik media , “kecenderungan” orientasi pasar pembaca atau “sponsor” pesanan untuk pihak-pihak tertentu. Revolusi radikal di dunia teknologi informasi komunikasi saat ini menjadi momentum dashyat. Konsumen media yang selama ini duduk pada posisi obyek yang pasif justru menjelma menjadi kekuatan baru sebagai penyedia berita. Perkembangan media online, blog, user generated contents dan social networking system yang melaju sangat pesat memungkinkan siapapun menjadi pewarta, creator, bahkan produser sekalipun. Proses produksi media berbasis internetpun menjadi kian murah.

Admin Kompasiana Nurullah membaca buku Kompasiana, Etalase Warga Biasa (sumber foto: Facebook Pepih Nugraha)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun