Amran Rusid
Amran Rusid Mohon Tunggu... -

Graduated from University of Indonesia, University of Edmonton, Canada & University of Wollongong, Australia. Dosen Fakultas Ekonomi , jurusan Management & Tehnik Industry, Universitas Trisakti. Ketua Yayasan Sahabat Museum.

Halmahera-Morotai Day-6 : Morotai-Tobelo-Ternate

5 Desember 2012   09:48 Diperbarui: 24 Juni 2015   20:09 201

Plesiran Tempo Doeloe
Halmahera-Morotai Day-6 :
Morotai-Tobelo-Ternate
Kamis, 28 Oktober 2012

Seperti kemarin, di pagi sekitar pukul 07.00 Pak Amran, Bu Wisda, Adep dengan diantar oleh Pak Aziz dari Dinas Pariwisata Kepulauan Morotai, berpamitan dengan Pak Bupati dan mengucapkan terima kasih atas sambutan dan bantuan yang diberikan. Kami memberikan sedikit laporan tentang plesiran Batmus di Morotai, yang mana kami sangat berkesan sekali, dan sebelumnya kami bermimpi pun tidak, akan sampai menjelajahi Pulau Halmahera dan Pulau Morotai ini. Satu pesan Pak Bupati kepada Batmus bahwa sekembalinya ke Jakarta berceritalah yang baik-baik saja, hal yang tidak baik ditinggal disini untuk bahan masukan dan perbaikan bagi kami. Batmus pun memberikan masukan secara umum pada Pak Bupati agar sebelum pelaksanaan "Sail Morotai 2012" nantinya harus diprioritaskan membangun sarana umum seperti Hotel, Restoran, Infrastrukur, Toko Cendera Mata, dan yang tak kalah pentingnya adalah kesiapan masyarakat Morotai menyambut even penting tersebut. Bravo!

Rombongan telah tiba di Dermaga Daruba dan kami yang ke rumah Bupati akhirnya naik bentor (becak motor) ke pelabuhan. Di pelabuhan secara berbaris, bergotong royong kami memasukkan barang bawaan ke kapal dan satu persatu kami berpamitan dengan pejabat yang selalu setia mendampingi kami selama di Morotai, Pak Muhlis, Pak Aziz, dan Pak Sefnat. Kami kemudian berlayar menuju ke Tobello. Good bye Morotai. Seperti sebelumnya berangkat dari Tobelo ke Morotai, pelayaran kami dari Morotai ke Tobelo juga ditempuh dengan aman karena lautnya sangat tenang dan sesekali kami menikmati pemandangan berupa ikan lumba-lumba yang mengikuti kami. Kurang lebih 1 ½ jam berlayar, rombongan mendarat di Tobelo dan meneruskan ke Kakara Cafe untuk makan siang yang kali ini sangat lezat. Lagi seorang peserta lainnya, Mbak Rina Putri van Mama Zidan berulang tahun dan kembali cipika-cipiki untuk Mbak Rina. Happy Birthday Mbak Rina! Sekitar pukul 13.00 kami kembali naik bus dan langsung bablas ke Sindangoli, dan kemudian menyeberang lagi ke Ternate dengan 2 speedboat yang sebelumnya juga kami gunakan. Sekitar pukul 17.00 di sore hari kami sudah masuk kembali ke Hotel Boulevard. Malam hari, lalu selesai makan malam di hotel, istirahat dan tergeletak tidur kelelahan. Namun masih juga yang muda-muda pada pintong dan cari oleh-oleh khas Ternate seperti kue Bagea Kenari.