YUKK DISIMAK YA!!
Saya Rini Retno Sari sebagai salah satu mahasiswa Asistensi Mengajar di SMKN 6 Malang akan menceritakan pengalaman saya selama mengikuti kegiatan Asistensi Mengajar selama 6 bulan.
Asistensi Mengajar atau sering disebut AM merupakan salah satu program pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa di satuan pendidikan formal di bawah bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing. Aktivitas di satuan Pendidikan ini dilaksanakan selama 1 semester dan dihargai sebesar 20 SKS, termasuk kegiatan KPL dan KKN yang telah dikonversi menjadi kegiatan Asistensi Mengajar ini. Program AM memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa. Mahasiswa melaksanakan asistensi mengajar di beberapa bagian yaitu akademik, nonakademik, dan administrasi sekolah. Tujuan dari program asistensi mengajar antara lain untuk :
- Belajar untuk mengetahui kondisi dan mampu memiliki penyesuaian diri di dunia sekolah.
- Menambah wawasan dan pengetahuan di lingkungan sekolah
- Mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang di dapat selama perkuliahan di lingkungan sekolah
- Sebegai bentuk persiapan calon pendidik dan pengalaman mengajar di sekolah.
- Membantu meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan serta relevansi pendidikan dasar dan menengah dengan pendidikan tinggi sesuai perkembangan Ipteks.
Beberapa manfaat Asistensi Mengajar dapat diuraikan sebagai berikut:
1. Program Studi
- Menciptakan kerjasama antara program studi dengan sekolah mitra yang akan memberikan komitmen bersama untuk mengembangkan program-program di sekolah dengan tujuan meningkatkan kualitas mutu Pendidikan.
- Memahami berbagai perkembangan di sekolah mitra sesuai dengan kurikulum dan ilmu di perkuliahan.
- Mendapatkan kesempatan untuk menciptakan konsep dan pembaruan mengenai bidang pendidikan yang diperlukan.
- Memberikan kesempatan kepada pihak program studi untuk melihat kondisi realita pendidikan di satuan pendidikan menengah.
- Membantu program studi menyukseskan pelaksanaan tri dharma di perguruan tinggi.
2. Mahasiswa
- Memberikan pengalaman kinerja lapangan tentang cara mengelola sistem pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan tingkat perkembangannya
- Memperoleh tambahan informasi melalui pengamatan secara langsung tentang lingkungan sekolah dan proses pembelajaran
- Memperoleh kesempatan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan ketrampilan di bidang pembelajaran dan pendidikan sesuai keahliannya
- Mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah secara kolaboratif, merencanakan perbaikan, dan melaksanakan tindakan perbaikan sesuai dengan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki mahasiswa
- Memupuk rasa tanggung jawab, displin, dan kepedulian terhadap kependidikan serta mengikuti setiap peraturan yang diberikan di sekolah mitra
3. Sekolah mitra
- Memperoleh informasi mengenai ilmu pengetahuan dan ketrampilan terbaru dari mahasiswa maupun dosen pembimbing.
- Membantu merealisasikan kemajuan di sekolah mitra karena mahasiswa memiliki idealisme dan passion untuk mengajar dan mendidik
- Memperoleh input, ide, dan masukan dari mahasiswa mengei pengembangan satuan pendidikan
- Membuka kesempatan mitra kolaboratif dalam menyelesaikan permasalahan  di sekolah
- Membuka akses dan mempercepat pemerataan kualitas pendidikan di sekolah
Pelaksanaan AM berlangsung selama 20 minggu dan secara teknis terbagi menjadi 4 tahapan yaitu perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, diseminasi hasil kegiatan, dan pembuatan laporan.
A. Perencanaan Kegiatan
Pada tahap ini, mahasiswa diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan selama kurang lebih 2 minggu lamanya. Kegiatan tersebut berupa Obeservasi ke Sekolah yang diberikan waktu sejak bulan Juli . Kegiatan ini bertujuan untuk perkenalan lingkungan sekolah yang akan di tempati sekaligus bertemu dengan guru pamong untuk menghasilkan draf kegiatan AM di sekolah. Ada sedikit cerita sebelum memilih AM di semester ini, saya sebelumnya mendaftar KM tetapi ditahap seleksi yang pertama saya tidak keterima. Dan saya memutus kan untuk memilih AM untuk menkonversi mata kuliah KKN dan PPL. Kegiatan selanjutnya setelah melakukan observasi adalah Perancangan. Kegiatan tersebut adalah kegiatan lanjutan dimana pada saat Obeservasi ke Sekolah mahasiswa hanya membuat draft kegiatan AM di SMKN 6 Malang, yang kemudian dilanjutkan mendiskusikan sekaligus menghasilkan kegiatan AM melalui bimbingan Dosen Pembimbing. Saya mendapat tugas mengajar kelas XI dan XII TITL ada 3 mata pelajaran yang saya berikan ke peserta didik. Selaian itu untuk konversi mata kuliah, mahasiswa yang mengajar di jurusan TITL mengajukan 8 output untuk konversi mata kuliah diantaranya yaitu untuk mata kuliah manajemen dan autdit energi dikonversi dengan membuat trainer Instalasi Penerangan dan Trainer PLC, mata kuliah komunikasi data dan jaringan komputer di konversi dengan membuat bahan ajar mata pelajaran simulasi digital, mata kuliah sistem pendukung keputusan di konversi dengan membuat jobsheet instalasi penerangan, mata kuliah robotika dikonversi dengan membuat bahan ajar mata pelajaran dasar-dasar listrik elektronika, mata kuliah pengembangan produk dikonversi dengan membuat produk kerajinan berupa bel kuis, mata kuliah pembelajaran berbasis TIK dikonversi dengan membuat modul mata pelajaran pekerjaan dasar elektronika, mata kuliah KKN dikonversi dengan seminar edukasi, mata kuliah Praktik lingkungan pembelajaran dikonversi dengan melakukan kegiatan belajar dikelas.
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!