Lihat ke Halaman Asli

ZYANDA AYU FIANSYAH

seorang staff

TB 2 - KWH

Diperbarui: 29 Mei 2023   16:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pendahuluan

Saat ini makanan ringan adalah salah satu makanan yang paling banyak digemari oleh semua kalangan usia. Anak-anak, usia remaja, dewasa, bahkan orang tua sangat menikmati menyantap makanan ringan disela-sela aktivitas bersantai, menonton tv dan berkumpul dengan keluarga. Dengan banyaknya peminat makanan ringan di zaman sekarang, hal ini mendorong semakin banyaknya usaha yang berkembang dibidang makanan ringan ini. Semakin banyak bisnis yang berlomba-lomba untuk melakukan berbagai cara pemasaran untuk menarik konsumen dengan banyaknya persaingan yang dihadapi. Pada proposal bisnis kali kita akan berfokus pada usaha bisnis 'BANAGIH' Basreng Enak Bikin Nagih.

BANAGIH adalah Bakso Goreng Enak Bikin Nagih. Basreng ini sangat aman untuk di konsumsi karena terbuat dari bahan-bahan yang terjaga kualitasnya tanpa bahan pengawet. BANAGIH tersedia dengan 3 level pedas :

  • Level 1 original daun jeruk;
  • Level 2 Pedas Sedang Daun Jeruk;
  • Level 3 Sangat Pedas Daun Jeruk.

BANAGIH akan diproduksi dan dipasarkan dengan berbagai keunggulan diantaranya:

  • BANAGIH merupakan makanan untuk semua kalangan, lezat , dan terbuat dari bahan berkualitas tinggi
  • Harga jual dari BANAGIH akan sangat terjangkau untuk semua kalangan masyarakat sehingga siapapun dapat membeli dan menikmati produk BANAGIH.
  • Pengemasan BANAGIH akan dilakukan dengan menggunakan Standing Pouch Plastik. Tujuan penggunaan mempermudah konsumen untuk dapat menyimpan produk setelah di konsumsi serta mempermudah konsumen untuk menyantap BANAGIH dimana saja.

BANAGIH akan fokus dipromosikan melalui media sosial dengan penjualan produk basreng secara online di marketplace. BANAGIH akan di jual di beberapa marketplace seperti Shopee dan Tiktok Shop. Pelanggan dapat menikmati pengiriman bebas biaya dan potongan harga dari voucher yang BANAGIH sediakan di marketplace.

Berkaitan dengan hal tersebut, Proposal bisnis ini akan menjelaskan terkait merumuskan strategi bisnis, visi misi, analisis peran kepemimpinan, Porter's Five Strategies, Analisis 5P ( Product, Price, Place, Promotion, People), Analisis SWOT, Analisis Cost-Volume-Profit (CVP), serta break event point yang akan membantu dalam memberikan gambaran dan penilaian apakah bisnis basreng ini akan berhasil dan memberikan keuntungan bisnis yang layak. Gambaran ini akan menentukan bagaimana keputusan keberlanjutan usaha dari bisnis Basreng BANAGIH ini.

Bagian I : Merumuskan Strategy Bisnis Visi Misi proposal bisnis Basreng BANAGIH

"Apa Strategi bisnis visi misi dari usaha bisnis Basreng "BANAGIH"?

Visi merupakan sebuah komitmen yang ditetapkan oleh suatu organisasi yang akan menggambarkan kondisi pada organisasi tersebut serta menciptakan citra dari organisasi yang mana citra ini akan berpengaruh pada bagaimana nasib organisasi tersebut dimasa yang akan datang. Menurut Raynor (1998) dalam Orhan et.l (2014) The vision is the statement of the desired future state of the organization within the arena of competition. It is a future orientated term.

Sebuah visi harus dapat memberikan gambaran terhadap pertanyaan yang berkaitan dengan akan menjadi seperti apa suatu organisasi/bisnis tersebut dimasa depan. Hal ini sejalan dengan pernyataan David (2011) dalam Annisa & Rahmatullah (2020) tentang visi yaitu:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline