Lihat ke Halaman Asli

Zuyinatin Khofifah

Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Mahasiswa KKM-DR UIN Malang Membantu Meningkatkan Kualitas Pendidikan Keagamaan di RW 03 Kelurahan Dinoyo

Diperbarui: 31 Januari 2022   11:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kuliah Kerja Mahasiswa Dari Rumah (KKM-DR) merupakan program kegiatan yang diselenggarakan oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan diperuntukkan untuk mahasiswa semester 5 pada masa pandemi. Berbeda dengan KKM pada tahun-tahun sebelumnya, KKM tahun ini, para mahasiswa disarankan untuk melaksanakan KKM di daerah rumah masingmasing, serta dapat dilakukan secara individu ataupun kelompok. Kegiatan KKM-DR dimulai pada tanggal 27 Desember 2021 sampai dengan tanggal 27 Januari 2022.

Program kerja yang kami laksanakan salah satunya yakni pemberian kualitas pendidikan dan kegiatan keagamaan. Kegiatan pemberian kualitas pendidikan dengan konsisten mengajar mengaji di TPQ daerah RW 03 Kelurahan Dinoyo dimulai sejak tanggal 30 Desember 2021. Terdapat tiga TPQ di kelurahan tersebut, yaitu TPQ AL Azizah, TPQ Al Falah, dan TPQ Miftahul Huda. Dan oleh karena itu tim kami yang berjumlah dua belas orang membagi tugas untuk mengajar ke masing-masing TPQ menjadi tiga kelompok yang masing-masing beranggotakan empat orang.

Pembelajaran di TPQ dimulai dengan menunggu para siswa hadir. Dilanjutkan dengan berdoa bersama dan proses pembelajaran mengaji. Proses pembelajaran mengaji terdiri dari beberapa metode diantaranya membaca juz amma, menulis ayat yang telah dibaca, membaca buku tartil, dan membaca Al--Qur'an. Kemudian setelah selesai semua berdoa dan diberi berbagai pertanyaan seputar membaca doa, rukun iman dan islam, dan mukjizat para nabi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline