Lihat ke Halaman Asli

Zuway DarmansyahPutra

Mahasiswa IPK 3.50

Inovasi kreatif dari Warga Desa Paya Bujok Teungoh dalam Meningkatkan UMKM

Diperbarui: 5 Maret 2023   06:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi kreatif dari warga desa paya bujok teungoh dalam meningkatkan UMKM

Foto : Bersama pemilik tanaman hidroponik paya bujok teungoh (Dokpri)

Hidroponik ialah suatu metode budidaya menanam tanpa media tanah, Dengan metode menggunakan air. Satu perihal yang bisa ditekankan dalam suatu hidroponikbyaitu pemenuhan kebutuhan nutrisi buat suatu tumbuhan. Metode dalam menanam hidroponik ini memerluikan air lebih sedikit apabila dibanding dengan mennam ditanah pada biasanya.

Tata cara tanam hidroponik ini pastinya sanagat cocok yang diterapkan pada daerah yang memeiliki sedikit air. Tetapi, dalam kebutuhan nutrisi tumbuhan pula jadi sangat berarti buat perkembangan tumbuhan yang optimal.

Nutrisi pada tumbuhan yang dibudayakan secara hidroponik ini bisa berasal dari bermacam- berbagai sumber, yang selaku contoh dari kotoran bebek, kotoran ikan, pupuk kimia ataupun suatu faktor buatan lainnya

Tumbuhan hidroponik di gampong paya bujok teungoh, kecamatan langsa barat, kota langsa, aceh. Kepunyaan ayah zulfahmi yang terletak di balik rumahnya yang telah dikelola semenjak tahun 2021 buat mengisi waktu selagi masa pensiunan serta hobi dengan motto if you never try you' r never know.

Ayah zulfahmi mempunyai tumbuhan hidroponik yang ditanamnya semacam bayam, kangkung, pakcoi, sawi serta sebagian tanaman yang lain yang non hidroponik semacam jagung, mangga, anggur, serta kelengkeng.

Foto : lahan tanaman hidroponik paya bujok teungoh (Dokpri)

Ayah zulfahmi memakai tata cara DFT( deep flow technique), DFT mempunyai kontur datar keuntungannya dalam pemakaian listrik, apabila dalam kondisi listrik mati, hingga air nutrisi yang terdapat pada gully masih senantiasa terdapat, sehingga bisa membeckup cadanagan air nutrisi yang terdapat pada pipa pvc ataupun gully. Kekurangannya kandungan oksigen kurang.

Nutrisi yang digunakan oleh ayah zulfahmi buat tumbuhan hidroponiknya merupakan ab mix dengan kandungan yeng berbeda beda buat tiap tumbuhan, buat selada nutrisinya yang sangat rendah takaranya dari pada yang lain. Bibit yang kerap digunakan oleh ayah zulfahmi bibit NDS.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline