Lihat ke Halaman Asli

Mari Kita (Berhenti) Sholat

Diperbarui: 26 Juni 2015   15:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sesungguhnya sholat itu hukumnya adalah wajib bagi semua kaum muslim yang sudah akil baligh hingga akhir hayat. Baik itu pria maupun wanita, tidak ada pengecualian dalam menunaikan ibadah yang satu ini.

Dalam keluarga islami, pendidikan sholat yang terbaik untuk generasi umat adalah saat anak-anak mereka mulai mengerti baca tulis, atau minimal sudah memasuki usia 6 thn. Sebagai orang tua tentunya harus mempunyai tanggung jawab moril bila anaknya enggan melakukan sholat. Pukul ia dengan lemah lembut, tapi jangan seperti memukuli maling atau copet. Tanamkan pada jiwanya bahwa sholat itu dibutuhkan untuk ketentraman hati. Seiring dengan bertambahnya umur anak, pasti dia akan dan sudah menjadi terbiasa melakukan ibadah yang satu ini.

Kalau orang tuanya saja ternyata malas sholat, bagaimana anak mau mengikuti perintah ? Bagaimana mau mempunyai anak yang sholeh ? Padahal do'anya seorang anak yang sholeh sangat dibutuhkan bila orang tuanya lebih dulu meninggal dunia. Sangat disayangkan bila kita mempunyai anak yang jauh dari nilai-nilai agama, berakhlak rendah dan tidak takut pada Allah, Tuhan Semesta Alam.

Saat di mesjid berkumandang suara adzan mengajak orang muslim untuk sholat (tepat waktu), Setan pun tidak akan tinggal diam. Dia malah selalu berusaha mengajak dan merayu kita agar mengulur-ulur waktu sholat, bahkan kalau bisa berhenti sholat saja sekalian biar aktifitas tidak terganggu. Disadari atau tidak, terkadang kita masih ada yang tetap asik buka kompasiana, buka facebook, chatting, nonton sinetron, sibuk berdagang, sibuk bekerja, dan hal-hal duniawi lainnya. Sementara waktu sholat sudah mau habis.

Jadi, yang sholat saja belum tentu masuk surga, apalagi yang sama sekali tidak pernah sholat. Seperti halnya Firman Allah,

"Celakalah orang yang sholat, yaitu orang-orang yang melalaikan sholatnya." (QS: Al Ma'un)

Sampai akhir zaman nanti, sang Iblis sudah bersumpah akan selalu membawa manusia pada kesesatan, menemani dia ke Neraka Allah yang kekal abadi. Na'udzubillah !! Semoga kita semua terhindar dari jebakan dan perangkap indahnya dunia. Semoga kita semua mempunyai anak-anak yang sholeh, berguna bagi agamanya, lingkungannya, dan negaranya. Amin.

Selamat menunaikan ibadah sholat...

Salam Qripix




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline